Pilkades Serentak Pesawaran Terapkan Prokes Ketat

Kamis 18-11-2021,09:16 WIB
Reporter : Redaksi
Editor : Redaksi

GEDONGTATAAN - Meski masih dalam suasana pandemi covid-19, pelaksanaan Pilkades serentak di 37 desa di Pesawaran tetap ketat terapkan protokol kesehatan. Serta tingkat partisipasi pemilih dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pesawaran 2021 tergolong tinggi.
\"Untuk partisipasi pemilih sangat tinggi, rata rata diatas 90 persen. Bisa kita lihat data yang masuk, tingkat kehadiran pemilih sangat tinggi,\" ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pesawaran, Zuriadi, Rabu (17/11).
Dikatakan, tingginya prosentase pemilih menyalurkan hak suara terlihat dari data yang masuk ke Dinas PMD. Dimana Dinas PMD melakukan penghitungan cepat hasil dari Pilkades di 37 dari 144 desa yang ada di Bumi Andan Jejama. Dan pelaksanaan Pilkades tersebut dilaksanakan dengan mengantisipasi penularan Covid-19. Yakni dengan menegakkan disiplin protokol kesehatan.
Dengan menyediakan tempat cuci tangan di TPS, dan pengecekkan suhu tubuh.
\"Penghitungan perolehan hasil Pilkades dilaksanakan di masing masing TPS. Karena untuk menghindarkan potensi kerumunan massa. Selain itu, masing-masing TPS maksimal 500 mata pilih,\" jelasnya.
Meskipun Dinas PMD  sebagai Desk Pilkades melakukan perhitungan cepat, mantan Kepala Bappeda Pesawaran memastikan, jika data yang resmi tetap data dari pleno panitia desa. Selanjutnya, dari hasil Pilkades ini akan ditetapkan dalam surat keputusan paling lambat pertengahan Desember 2021.
\"Untuk waktu pelantikkan masih  tentatif. Bisa akhir Desember 2021 atau awal Januari 2022.  Secara keseluruhan alhamdulillah sampai saat ini aman, semua didukung dari Polri, TNI, Pol PP termasuk Linmas desa,\" pungkasnya. (esn)
Tags :
Kategori :

Terkait