Disnakkeswan Lamsel Luncurkan Mister Wayang

Rabu 12-01-2022,13:24 WIB
Reporter : Redaksi
Editor : Redaksi

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Hewan

KALIANDA - Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Pemkab Lampung Selatan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada peternak di kabupaten ini.
Salah satunya adalah program Mister Wayang (Mobil Sabahat Ternak dan Hewan Kesayangan). Program inovasi terbaru itu akan diluncurkan dalam waktu dekat ini oleh Disnakkeswan Lamsel.
Kepala Disnakkeswan Pemkab Lamsel Rini Ariasih mengatakan, Disnakkeswan terus berinovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pemilik ternak di Lampung Selatan khususnya bidang kesehatan hewan.
Menurutnya, dengan memperhatikan kesehatan hewan, maka akan berpengaruh terhadap kinerja populasi ternak yang ada. Dengan demikian, populasi ternak akan terus meningkat untuk mendukung program pemerintah yakni swasembada daging.
\"Kita tingkatkan unsur pelayanan kepada peternak di Lamsel. Kesehatan hewan perlu diperhatikan terutama untuk hewan betina agar produksi anakannya meningkat. Kita tingkatkan pelayanan kesehatan hewan melalui program Mister Wayang (Mobil Sahabat Ternak dan Hewan Kesayangan). Program ini akan diluncurkan dalam waktu dekat ini,\" papar Rini Ariasih kepada Radar Lamsel, Rabu (12/01/2022).
Lebih lanjut mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Lamsel ini mengatakan, program Mister Wayang ini akan memaksimalkan kendaraan yang dimiliki Disnakkeswan untuk memberikan pelayanan kesehatan seluruh wilayah di Lampung Selatan.
Dikatakan, saat ini Disnakkeswan Lamsel memiliki tenaga kesehatan hewan atau dokter hewan 9 orang. Sembilan orang tersebut saat ini bertugas di Disnakkeswan 5 orang dan 4 orang di kecamatan.
\"Kami akan maksimalkan kendaraan yang ada saat ini dan tenaga kesehatan hewan yang ada. Secara bergilir kami akan mengunjungi desa-desa dan kecamatan untuk melayani peternak bidang kesehatan. Seperti ternak sapi, kambing, ayam, itik, babi dan lainnya. Sementara ternak kesayangan, seperti kucing dan anjing juga perlu di perhatikan kesehatannya yakni pemberian vaksin setiap tahun untuk mencegah rabies,\" paparnya.
Sementara persediaan obat-obatan, tambahnya, hampir setiap tahun pihaknya mengajukan bantuan atau pengadaan obat-obatan kepada pemerintah. \"Untuk persediaan obat-obatan cukup tersedia. Karena setiap tahun kami selalu mengajukan untuk pengadaan,\" imbuhnya.
Rini Ariasih menambahkan, untuk menjaga dan meningkatkan populasi ternak khususnya sapi di Lampung Selatan, pihaknya tetap menggunakan program Inseminasi Buatan (IB). Sebab, program IB dapat meningkatkan pupulasi dan kualitas produksi ternak yang di hasilkan. \"Sistem kawin suntik atau IB ini bisa meningkatkan populasi ternak dan hasil atau anak yang dihasilkan pun kualitasnya bagus,\" pungkasnya.(man)
Tags :
Kategori :

Terkait