Bawaslu Lamsel Ajak Siswa SMA Lebih Partisipatif Awasi Pemilu

Selasa 17-09-2024,18:08 WIB
Reporter : Randi
Editor : admin

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan tengah gencar mensosialisasikan bentuk pengawasan partisipatif. Selasa, 17 September 2024, SMK Negeri 1 Kalianda jadi sasaran. Bawaslu memang menyasar para siswa sekolah menengah atas.

Tujuannya jelas, supaya para siswa memahami pentingnya peran serta dalam mengawal proses pemilu yang bersih dan transparan. Sosialisasi ini juga menargetkan siswa di kelas XI, yang baru perdana merasakan hak pilihnya dalam pilkada tahun 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Lampung Selatan, Wazzaki, S.H. mengatakan kegiatan ini merupakan bagian penting dalam upaya melibatkan masyarakat. Terutama generasi muda supaya lebih aktif dalam mengawasi jalannya pemilihan umum. Menurut Wazzaki, pemuda memiiki peranan penting.

"Kita ingin memastikan proses demokrasi berjalan dengan baik. Para siswa dibekali informasi tentang tahapan-tahapan pemilu, berbagai bentuk pelanggaran pemilu," ujar Wazzaki.

BACA JUGA:Desa Bumi Sari Gelontorkan Rp18 Juta Untuk BLTD DD Tahap Tiga Tahun 2024

Menurut Wazzaki, pengawasan partisipatif sangat diperlukan agar tidak terjadi kecurangan dalam pemilu. Bawaslu sangat  ingin generasi muda, khususnya pemilih pemula, memiliki kesadaran yang tinggi untuk turut serta mengawasi jalannya tahapan pemilu.

"Serta cara melaporkan apabila menemukan pelanggaran. Selain itu, mereka juga diberikan motivasi untuk menggunakan hak pilih secara bijak dan bertanggungjawab," katanya.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, Bawaslu berharap partisipasi pemilih pemula dalam pemilu 2024 akan semakin meningkat, tidak hanya dalam memberikan suara, tetapi juga dalam mengawasi proses pemilihan yang jujur dan adil. (*)

Kategori :