Tertibkan Terminal Bakauheni, Berlakukan Sistem Loket Terpadu

Tertibkan Terminal Bakauheni, Berlakukan Sistem Loket Terpadu

BAKAUHENI – Memberikan pelayanan maksimal, nyaman dan aman menjadi tuntutan pelayanan publik dewasa ini. Itulah yang terlihat di dalam pelabuhan Bakauheni saat ini. Sejumlah program pelayanan diluncurkan PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni bekerjasama dengan instansi terkait. Belum lama ini perusahaan BUMN itu melaksanakan program e-ticketing bagi penumpang jalan kaki dan kendaraan yang akan menyeberang ke pelabuhan Merak, Banten. Kemudian sejak awal Februari kemarin, PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni bekerjasama dengan DPC Khusus Organda Pelabuhan Bakauheni memberlakukan sistem penjualan tiket terpadu di terminal pelabuhan Bakauheni. Program terbaru ini bertujuan untuk menertibkan terminal pelabuhan Bakauheni. Selain itu, program ini untuk memberikan rasa nyaman dan aman bagi penumpang yang menggunakan jasa angkutan umum (Travel dan Bus). Secara teknis, penumpang yang turun dari kapal akan langsung menuju loket tiket terminal terpadu. Penumpang dapat membeli tiket sesuai tujuannya masing-masing. Selanjutnya, pihak Organda akan mengatur jadwal pelayanan travel dan bus. Koordinator loket terpadu terminal Bakauheni Adib Susanto mengatakan, sistem pelayanan loket terpadu di terminal Bakauheni mulai berlaku sejak 1 Februari lalu. Menurutnya, program baru yang diberlakukan itu untuk menertibkan terminal Bakauheni yang selama ini terkesan semraut dan memberikan rasa nyaman dan aman bagi penumpang. “Selama ini masing-masing pengurus travel dan bus berebut mencari penumpang di pintu keluar terminal pelabuhan Bakauheni. Dengan sistem rebutan itu, penumpang menjadi tidak nyaman karena ditarik sana sini. Bahkan penumpang harus menunggu lama dalam mobil sebelum berangkat ke tempat tujuan. Dengan sistem tiket terpadu ini, calon penumpang membeli tiket di loket yang sudah disediakan. Kami selaku pengurus Organda akan mengatur jadwal pelayanan masing-masing travel dan bus sesuai tujuan,” tutur Adib Susanto yang menyebutkan pengelolaan terminal terpadu Bakauheni adalah DPC Khusus Organda Pelabuhan Bakauheni dan Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung. Terpisah, Manager Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni Heru Purwanto mengatakan, sistem loket terpadu di terminal pelabuhan Bakauheni untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada penumpang. Selama ini, kata dia, penumpang turun dari kapal menuju terminal langsung di tarik-tarik oleh pengurus travel dan bus. “Adanya sistem baru ini, penumpang akan merasa nyaman dan aman. Penumpang turun dari kapal langsung membeli tiket di loket terpadu sesuai tujuannya. Pihak organda akan mengatur jadwal pelayanan atau keberangkatan travel dan bus. Dengan demikian, terminal akan menjadi tertib dan penumpang akan merasa nyaman,” paparnya.(man)

Sumber: