Sungai Dipen Bakal Wisata Baru di Tanjungbintang

Sungai Dipen Bakal Wisata Baru di Tanjungbintang

TANJUNG BINTANG - Desa Budi Lestari, Kecamatan Tanjung Bintang sepertinya bakal mempunyai destinasi wisata baru.

Sungai Dipen yang berlokasi di Dusun Karangjaya, desa setempat akan dikelola menjadi sebuah objek wisata baru.

Meskipun lokasi sungai tersebut masuk kedalam kawasan register 40 Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Gedung Wangi, akan tetapi tetap diperbolehkan untuk dijadikan sebuah objek wisata, sebab sudah mengantongi izin Hutan Tanaman Rakyat (HTR).

Pada lokasi Sungai Dipen tersebut terdapat sebuah embung yang memang sebelumnya sudah sempat dikelola, namun pengelolaan terhadap embung itu sudah lama berhenti total.

Kepala Desa Budi Lestari, Muhammad Mahbud menuturkan, tekadnya untuk membuka sebuah objek wisata baru itu bertujuan untuk membuka lapangan pekerjaan batu bagi masyarakat serta penunjang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Selain membuka lapangan pekerjaan untuk warga kita, harapannya dengan ada wisata ini UMKM di desa kita bisa semakin meningkat, " Ucapnya kepada Radar Lamsel via panggilan telfon, Rabu (2/3).

Selain itu, Sungai Dipen juga memiliki daya tarik tersendiri, yaitu berupa batu yang menyerupai tempat tidur (dipen) dan juga terdapat sebuah gua, bahkan sungai tersebut juga tak pernah kering meskipun kemarau.

"Meskipun kemarau panjang kaya apa InsyaAllah Sungai Dipen nggak akan kering. Sungai ini sepertinya terhubung kearah gunung batu. Ya kalau kita pengennya secepatnya bisa dilaunching," Paparnya.

Kendati demikian, saat ini masyarakat Desa Budi Lestari sudah mulai melakukan swadaya untuk membenahi akses menuju sungai tersebut.

"Aksesnya kalau dilewatin motor matic nggak bisa, bisanya motor bebek. Jalannya sekarang masih diperbaiki sama warga," Tutupnya. (rif)

Sumber: