Khidmat dan Penuh Haru, Pelepasan Siswa Ditandai dengan Pelepasan Burung Merpati

Khidmat dan Penuh Haru, Pelepasan Siswa Ditandai dengan Pelepasan Burung Merpati

Pelepasan Siswa-siswi Kelas XII SMA Negeri 1 Ketapang

KETAPANG - Sebanyak 218 siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Ketapang dikembalikan kepada orang tua wali murid, Kamis (31/3/2022). Prosesi pelepasan siswa-siswi kelas XII  berjalan dengan khidmat dan penuh haru.

Ketua Komite SMA Negeri 1 Ketapang Suwito, S.Pd mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah yang sudah mendidik siswa-siswi selama tiga tahun tanpa mengenal lelah. \"Semoga ilmu yang diberikan selama bersekolah dapat bermanfaat bagi anak-anak peserta didik bagi masa depannya.

Suwito berharap kepada para siswa-siswi yang dinyatakan lulus dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi untuk bekal masa depan yang lebih baik. \"Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya untuk meraih cita-cita yang di harapkan,\" ujarnya.

Kepala SMA Negeri 1 Ketapang Drs. Khoiruddin, M.Pd mengatakan, proses pelepasan siswa-siswi setiap tahun dilaksanakan dengan penuh suka cita. Namun, katanya, dua tahun terakhir pelepasan tidak dilaksanakan dikarena kondisi Covid-19. \"Tahun ini atas dorongan anak-anak kelas XII untuk dilaksanakan acara seremonial pelepasan secara langsung. Namun pelaksanaanya tetap mengedepankan protokol kesehatan,\" kata Khoiruddin saat menyampaikan sambutannya.

Lebih lanjut Kepala SMA Negeri 1 Ketapang ini mengatakan, kepada siswa-siswi kelas XII yang di lepas hari ini (Kamis\"red) dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. \"Kelulusan tingkat SMA adalah awal menempuh pendidikan untuk melangkah ke jenjang yang lebih tinggi yakni S1, S2, dan S3,\" katanya.

Menurutnya, pada lulusan angkatan IX tahun ini, pelajar SMAN 1 Ketapang berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri di Lampung melalu jalur undangan. \"Terdapat lima siswa-siswi yang berhasil masuk perguruan tinggi negeri melalu jalur undangan yakni di Unila, Itera dan Polinela. Sementara untuk pengumuman hasil kelulusan tahun ini diperkirakan bulan Mei mendatang,\" imbuhnya.

Prosesi pelepasan peserta didik kelas XII angkatan IX SMA Negeri 1 Ketapang tahun pelajaran 2021/2022 dilakukan secara simbolis dari kepala sekolah kepada wali murid dan ditandai dengan pelepasan burung merpati.

Usai pelepasan dan serah terima anak kepada orang tua wali murid, Kepala SMA Negeri 1 Ketapang bersama dewan guru dan komite mengalungkan tanda alumni kepada masing-masing siswa-siswi kelas XII. (man)

Sumber: