SMAN1 Kalianda Bentuk Majelis Peringati Maulid Nabi

SMAN1 Kalianda Bentuk Majelis Peringati Maulid Nabi

KALIANDA - SMA Negeri 1 Kalianda mewarnai peringatan Maulid Nabi Muhammad dalam bentuk majelis. Kegiatan keagamaan yang mengusung tema \"Menauladani Perilaku Nabi\" itu juga mengundang penceramah yakni Dr. H. Firmansyah. Suasana islami begitu kental dalam kegiatan itu. Semua siswa dan juga dewan guru mengenakan busana muslim. Siswa yang non muslim juga ikut serta. Mereka bertugas menjaga stand-stand pameran kuliner yang dilombakan. Kegiatannya diisi beberapa acara seperti pentas seni berupa hadroh, tahfiz quran, puisi islami,  dan lagu-lagu islami. Bagian acara yang tak kalah menarik adalah lomba nasi tumpeng, lomba karya telur maukid, dan lomba kue tradisional. Kepala SMAN 1 Kalianda, Darmiyati, M.Pd mengatakan bahwa tema itu memang sengaja diangkat. Alasannya untuk memberikan pendidikan karakter pada murid bahwa perilaku-perilaku positif yang bisa ditauladani dari Nabi Muhammad.

\"Nabi adalah panutan dan berlaku sepanjang masa dan universal berupa sikap pemaaf, penyabar, dan lain-lain,\" katanya kepada Radar Lamsel, Selasa (18/10/2022).
Pada kesempatan itu, jajaran dewan guru SMAN 1 Kalianda memberikan penghormatan kepada 5 orang guru saat pelepasan dan juga karena mutasi dan pensiun. Darmiyati menghargai betul kegiatan Maulid Nabi Muhammad pada tahun ini karena dirayakan dengan seluruh siswa.
\"Dengan demikian, kita tidak membeda-bedakan agama dengan saling menghormati dan hidup rukun bertoleransi satu sama lain,\" katanya.
Peringatan Maulid Nabi Muhammad seperti ini akan dijadikan agenda rutin di SMAN 1 Kalianda. Tetapi dengan catatan wabah Covid-19 tak melanda Lampung Selatan lagi. (rnd)

Sumber: