Branding Lewat Jumbara

Branding Lewat Jumbara

Randi Pratama - Ketua Umum PMI Pusat, H. M. Jusuf Kalla, bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, dan Ketua PMI Lampung Selatan, Hj. Win--

KALIANDA, RADARLAMSEL.COM - Kerja keras Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan selama 4 bulan sepertinya tidak sia-sia. Buktinya jelas, pemerintah daerah mampu menjadi tuan rumah yang baik. Bahkan sukses menggelar pembukaan Jumbara PMR tingkat nasional IX di Stadion Jati Kalianda pada Selasa, 4 Juli 2023.

Opening ceremony atau upacara pembukaan agenda lima tahunan itu berlangsung dengan meriah. Beragam pakaian adat, dan budaya khas tradisional masing-masing daerah bercampur menjadi warna yang begitu beragam di tengah stadion kebanggaan masyarakat Kalianda itu. 

Acara puncak pembukaan ditandai dengan memukul cetik pekhing. Itu dilakukan langsung oleh Ketua Umum PMI Pusat, H. M. Jusuf Kalla, bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, Ketua PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal, dan Ketua PMI Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto.

Jusuf Kalla mengatakan kegiatan pertemuan di Jumbara bermaksud untuk meningkatkan kreativitas, memberikan pengalaman, berkawan, dan sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat. Jumbara juga sekaligus memberikan kesempatan kepada remaja-remaja yang ingin mengabdi.

BACA JUGA:Jusuf Kalla: Lampung Selatan Harus Dikelola dengan Baik

"Misalnya menjadi relawan. Relawan di Palang Merah harus mempunyai sahabat-sahabat yang banyak," katanya saat diwawancarai awak media.

Jumbara Nasional PMR ke-IX, kata Jusuf Kalla, bisa dijadikan sebagai momentum krusial dalam memperkuat semangat gotong royong dan kepedulian sosial. Menurut dia, berbakti di tengah-tengah masyarakat merupakan modal penting bagi generasi muda Indonesia selanjutnya.

"Tentu saya berharap kita mampu menghasilkan generasi muda yang mengerti, dan berbakti bersama kawan-kawannya," katanya.

Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, merasa bangga karena pemerintah daerah berhasil menjadi tuan rumah Jumbara PMR tingkat nasional IX tahun 2023. Kebanggaan itu bukan hanya bagi pemda saja, tetapi juga bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Lampung Selatan.

Menurut Nanang, perhelatan Jumbara merupakan kesempatan terbaik untuk menunjukkan pelbagai potensi yang dimiliki Lampung Selatan. Kehadiran ribuan peserta yang terdiri dari dari 34 kontingen provinsi, dan 11 negara sahabat harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

"Kita tunjukkan kepada mereka bahwa Lampung Selatan ini begitu indah, nyaman dan aman," katanya.

Bila semua hal itu dirasakan oleh peserta Jumbara, lanjut Nanang, maka mereka bisa merasakan suasana kegembiraan. Atas dasar itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan membentuk tim. Setiap satu organisasi perangkat daerah (OPD) menjadi guide atau pemandu bagi satu kontingen.

"Ini cara kita untuk mem-branding, jadi OPD mengajak mereka ke tempat-tempat wisata yang ada di sini," katanya.

Acara pembukaan Jumbara PMR tingkat nasional IX tahun 2023 tambah meriah berkat kehadiran Farel Prayoga. Bocah yang terkenal setelah melantunkan lagu Ojo Dibandingke di Istanda Negara pada upacara Kemerdekaan 17 Agustus 2022 lalu. (rnd)

Sumber: