Ketika Winarni Bilang Niku Andanan Hati

Ketika Winarni Bilang Niku Andanan Hati

Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, menyanyikan lagu Andanan Hati di acara pentas seni Jumbara PMR tingkat nasional IX tahun 2023 di panggung Gor Way Handak, Selasa (4/7/2023) malam.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.COM - Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Selatan, Hj. Winarni Nanang Ermanto, dikenal sebagai sosok yang mencintai seni dan budaya. Sampai rutin ikut dalam segala gelaran kesenian.

Saking cintanya, ia bahkan didapuk sebagai Ketua Dewan Kesenian Lampung Selatan. Tapi itu perkara lama. Masyarakat jelas tak menyangka kalau Winarni rupanya jago menyanyikan lagu Lampung.

Saat di acara Pentas Seni Budaya Jumbara PMR tingkat nasional di panggung Gor Way Handak, Selasa (4/7/2023) malam, Winarni yang menyaksikan pentas seni diajak oleh pembawa acara untuk naik ke atas panggung.

Tanpa rasa ragu Winarni langsung naik. Tak dinyana, istri Nanang Ermanto itu meminta para pemain musik memainkan musik lagu Andanan Hati. Lagu yang sangat tidak asing di telinga masyarakat Lampung Selatan.

BACA JUGA:Branding Lewat Jumbara

Tak butuh waktu lama, pemain gitar yang memetik senar membuka intro. Saat nada masuk, Winarni langsung melantunkan lirik niku andanan hati, liwan jaoh sungimu. Mak dawah, mak dabingi, santokh disepok hati.

Winarni yang notabennya suku Jawa malah fasih melantun dan menyanyikan lagu ciptaan Nuridosia itu. Bait demi bait, lirik demi lirik dilahap Winarni dengan sangat lancar. Hampir tidak ada ejaan liriknya yang salah.

Masyarakat, dan para pejabat yang menjadi penonton bertepuk tangan mendengar suara Winarni. Masyarakat tak mengira kalau Winarni bisa hafal, bahkan sampai menyanyikan lagu Andanan Hati dengan baik.

"Boleh juga Ibu yang satu ini. Termasuk lancarlah, lidahnya enggak kaku," ujar Ita (26), warga Kalianda.

Begitu pula dengan Pras (29). Warga Kecamatan Penengahan ini merasa kagum dengan kecintaan Winarni terhadap lagu-lagu daerah. Buktinya Winarni bisa begitu nyetel dengan musik, lagu dan lirik Andanan Hati.

"Perlu latihan keras supaya bisa dapat khas Lampung-nya. Saya yakin Bu Winarni sangat serius melakukannya," katanya. (rnd)

Sumber: