Kondusifitas Pilkades itu yang Utama

Kondusifitas Pilkades itu yang Utama

RIFKI FAHRURROZI - Kapolsek Tanjungbintang, Kompol Martono, SH., MH bersama Danramil 0421-09 Tanjungbintang, Kapten Inf Tarekat, mengajak masyarakat ciptakan Kamtibmas dalam pelaksanaan Pilkades.--

TANJUNG BINTANG, RADARLAMSEL.com - Gelaran pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lampung Selatan sudah semakin dekat. Untuk itu, Keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di desa yang menggelar Pilkades bakal diperketat.

Pada Surat Edaran (SE) Pemkab Lamsel nomor 2704 tahun 2023, tentang perubahan jadwal tahapan Pilkades serentak gelombang II Kabupaten Lampung Selatan tahun 20023, pesta demokrasi tingkat desa tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus mendatang.

Oleh sebab itu, Polsek Tanjungbintang bersama Koramil 0421-09 Tanjungbintang menyatakan kesiapannya dalam mengamankan pelaksanaan Pilkades yang bakal digelar di wilayah kerjanya.

BACA JUGA:Ops Patuh Krakatau Dimulai

"Saya instruksikan kepada intelijen untuk mendeteksi dimana desa yang kurang rawan, rawan dan sangat rawan saat pelaksanaan Pilkades, jadi penempatan jumlah personel akan lebih akurat," Ujar Kapolsek Tanjungbintang Kompol Martono, SH., MH kepada Radar Lamsel, Sabtu (8/7).

Selain itu, dirinya juga mengajak kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya di desa yang menggelar Pilkades untuk sealing menjaga Kamtibmas. Sehingga, pesta demokrasi tingkat desa itu dapat berjalan dengan kondusif.

"Di Kecamatan Tanjungbintang ada empat desa yang melaksanakan Pilkades yaitu Desa Way Galih, Trimulyo, Serdang, Srikaton. Sedangkan di Kecamatan Tanjungsari ada dua desa yaitu Desa Wawasan dan Bangunsari," Jelasnya.

Masih kata Kapolsek, dia juga menegaskan kepada para calon Kades maupun tim sukses untuk tidak mudah terprovokasi. Tak hanya itu, ia juga tidak memperkenankan diadakannya hiburan malam.

"Mari kita bersama-sama saling menjaga pelaksanaan Pilkades ini agar bisa terlaksana dengan aman dan nyaman. Hiburan itu izinnya sampai magrib saja, apabila lebih dari yang ditentukan resikonya tanggung masing-masing," Paparnya.

Senada, Danramil Tanjungbintang, Kapten Inf Tarekat juga menyatakan siap, dalam mengawal pesta demokrasi tingkat desa yang digelar di Kecamatan Tanjungbintang, Tanjungsari serta Jatiagung.

"Kemarin waktu rapat, kita bersama Polsek diminta untuk mengamankan dan mengawal kotak suara sampai ke masing-masing TPS. Dengan begitu, kompetisi ini akan menjadi sebuah kompetisi yang bersih," Ucapnya.

Menurut Danramil, menang atupun kalah dalam suatu kompetisi adalah hal yang bisa. Untuk itu, dia menghimbau kepada masyarakat untuk berkerjasama saling menjaga Kamtibmas guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Menang kalah itu hal biasa dalam kompetisi, tapi saya tegaskan jangan sampai ada yang menjadi provokator. Mari kita bersama-sama ciptakan suasana Pilkades yang aman dan nyaman," Tuturnya.(rfk)

 

Sumber: