Balonkades Diminta Berperan Jaga Keamanan

Balonkades Diminta Berperan Jaga Keamanan

Ist.Radarlamsel - Proses verifikasi berkas tujuh calon kepala desa yang dilaksanakan oleh tim panitia tingkat kecamatan, Jumat pekan lalu.--

PALAS, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Para calon kepala desa di wilayah Palas di imbau dapat menjaga keemanan dan kenyamanan di wilayah desa masing-masing.

Hal itu diutarakan oleh Kapolsek Palas AKP Andy Yunara pada pemeriksaan berkas pencalonan kades di Aula Way Pisang, Kantor Kecamatan Palas pada Jumat (21/7) kemarin.

Andy mengungkapkan, calon kepala desa harus bisa menjaga kenyamanan dan keamanan selama proses pilkades. Sehingga pilkades ini menjadi pesta demokrasi yang rukun dan damai tanpa ada ketegangan.

"Mari kita bawa pilkades ini menjadi pesta demokrasi yang rukun dan damai tanpa ketegangan. Maka dari itu kita harapkan para calon kades ini dapat menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayahnya masing-masing," kata Kapolsek di sela kegiatan tersebut.

BACA JUGA:Harga Tiket Penyeberangan Segera Naik

Andy menuturkan, pikhaknya juga akan melakukan Clyng Sistem kepada setiap calon kepala desa untuk menjaga kemana  di wilayahnya masing-masing. Serta mengimbau panitia pilkades dapat menjaga netralitas.

"Pilkade ini berbeda dengan pemilu atau pilkada ada bawaslu yang mangawasi pelanggaran. Maka dari itu mari kita ciptakan keamanan dan kerukunan bersama-sama agar pilkades ini menjadi pesta demokrasi yang rukun," sambungnya.

Sementara itu Camat Palas, Rosalina mengatakan, verifikasi berkas ini dilakukan oleh panitia tingkat kecamatan yang terdiri dari perwakilan pihak kecamatan, polsek, koramil, dan puskesmas.

Rosalina menjelaskan, semuanya ada tujuh berkas pencalonan bakal calon kades yang diverifikasi dari tiga desa yang mengikuti pilkades serentak yakni, Desa Bangunan, Palas Pasemah, dan Pematang Baru.

"Dari verifikasi ini kita memerikan kelengkapan berkas dari tuhu calon kades. Setelah verifikasi kecamatan akan dilanjutkan di tingkat kabupaten untuk menguji keabsahan berkas-berkas," pungkasnya. (vid)

Sumber: