DPRD Lamsel Dorong Pemkab Tambah Fasilitas Cuci Darah RSBB

DPRD Lamsel Dorong Pemkab Tambah Fasilitas Cuci Darah RSBB

Dokumen Radar Lamsel – Inilah RSUD dr. H Bob Bazar SKM Kalianda--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID – DPRD Lampung Selatan melalui Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendesak agar Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan menambah fasilitas pelayanan Hemodialisa/cuci darah di RSUD dr. Bob Bazar SKM Kalianda.

Fraksi Parpol besutan Gus Muhaimin ini menilai RSUD kebanggaan masyarakat Lampung Selatan kualahan saat pasien hemodialisa meningkat beberapa bulan terakhir. Keterbatasan tenaga dan alat medis menyebabkan tak sedikit warga terpakasa harus ke luar Lampung Selatan untuk cuci darah.

“ Kami mendapat keluhan dari warga soal pelayanan hemodialisa. Bisa dilakukan di RSUD Bob Bazar tetapi ketika pasien meningkat otomatis membuat tenaga medis keteteran sementara alat juga terbatas,” tulis Ketua Fraksi PKB Imam Subkhi, Kamis (9/7).

Anggota Komisi I DPRD Lampung Selatan ini juga mendorong agar tenaga medis dalam pelayanan hemodialisa terus di upgrade kemampuan dan keterampilannya. Sehingga ketika intensitas pasien meningkat, petugas medis juga tahu apa yang mesti dilakukan.

BACA JUGA:Jangan Diam-diam Kalau ada Pergeseran Kegiatan

“Bahwa saat ini Masyarakat pengguna pelayanan Hemodialisa (HD) /cuci darah di Kabupaten Lampug Selatan mengalami peningkatan, bahkan RSUD Bob Bazar tidak dapat memenuhi dan atau menerima semua pasien sehingga harus melaksanakan cuci darah di luar RSUD Bob Bazar,” kata dia. 

Untuk itu Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa meminta kepada Pemerintah Daerah agar RSUD Bob Bazar dapat menambah fasilitas dan peralatan sekaligus melatih tenaga medis yang menangani Hemodialisa.

“Sehingga ke depan masyarakat Lampung Selatan yang mau melakukan cuci darah cukup datang ke RSUD Bob Bazar Kalianda, tanpa harus lari ke Bandar Lampung,” ucapnya.

Politisi Fraksi PKB ini menilai urgensi penambahan alat medis dan upgrade terhadap tenaga medis cukup berperan vital dan azas manfaatnya langsung dirasakan masyarakat.

“ Oleh sebab itu, catatan ini perlu dipertimbangkan dan dimatangkan upaya perwujudannya karena menyangkut kemaslahatan orang banyak,” pungkasnya.

Apa yang di suarakan Fraksi PKB juga diamini oleh masyarakat yang punya pengalaman seputar cuci darah di RSUD plat merah kebanggaan masyarakat Bumi Khagom Mufakat ini.

Suhardin (38) salah satunya, Pria asal Kalianda ini beberapa kali menghantarkan kerabatnya untuk mendapat pelayanan di ruang hemodialisa RSUD Bob Bazar.

“ Sudah berkali-kali, tapi memang belakangan ini jumlah pasien cuci darah meningkat. Sehingga harus antre panjang dan nunggu giliran, kalau nggak mau nunggu terpaksa harus pilih opsi lain yakni ke Bandar Lampung,” ungkapnya.

Pria paruh baya ini berharap agar Pemkab Lampung Selatan dapat terus mengupgrade fasilitas public, utamanya di RSUD Bob Bazar Kalianda. Sehingga kendala pelayanan kesehatan sedikit-demi sedikit dapat teratasi.

Sumber: