Petani Diminta Berinovasi Saat Musim Kemarau

Petani Diminta Berinovasi Saat Musim Kemarau

Idho Mai Saputra - Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto bersama Forkopimda melakukan penanaman bawang merah di Kebun Edukasi Kalianda, Selasa (12/8/2023).--

KALIANDA, RADAR LAMSEL.DISWAY.ID - Musim kemarau bukan menjadi alasan masyarakat petani untuk tidak menanam tanaman yang bernilai ekonomis. Sebab, masyarakat bisa memanfaatkan lahan nya untuk menanam tanaman sayuran yang bisa hidup tanpa ketergantungan dengan sumber air yang banyak.

Seperti dilakukan jajaran Forkopimda yang melakukan penanaman bawang merah, di Kebun Edukasi Rumah Dinas Bupati Lamsel, Selasa (12/9/2023).

Menurut Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto, meski musim kemarau pihaknya mengajak masyarakat khususnya para petani untuk tidak berputus asa. Mereka, bisa melakukan terobosan dengan menanam tanaman pertanian apapun yang tidak terlalu bergantung dengan air.

“Disini kami selaku Forkopimda kembali mengedukasi masyarakat. Salah satunya menanam bawang merah sebagai bentuk ketahanan pangan. Meskipun kemarau kami rasa bawang merah ini kuat dan bisa hidup meski musim kemarau,” ungkap Nanang.

BACA JUGA:Plt Kalak BPBD Dijabat Aflah

Dia menambahkan, banyak cara yang bisa dilakukan para petani untuk mensiasati kondisi cuaca saat ini. Dengan begitu, masyarakat akan bisa bertahan dalam menghadapi musim kemarau panjang saat ini.

“Yang diperlukan adalah inovasi dan kreatifitas para perani. Manfaatkan lahan pertanian mereka untuk menanam tanaman yang tidak perlu banyak air. Saya rasa banyak yang bisa dilakukan demi meningkatkan perekonomiannya dimasa sekarang ini,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengimbau masyarakat, agar meningkatkan kewaspadaan di musim kemarau saat ini. Sehingga, kita semua bisa terhindar dari segala musibah seperti kebakaran.

“Maka jangan buang puntung rokok sembarang dan membakar sampah tanpa pengawasan. Karena saat cuaca seperti ini sangat rawan musibah kebakaran,” pungkasnya. (idh)

Sumber: