Desa Dapat Tambahan DD

Desa Dapat Tambahan DD

Ilustrasi Gambar--

PALAS, RADARLAMSEL.DISWAY.ID – Sebanyak empat Desa di Kecamatan Palas bakal menerima tambahan Dana Desa (DD) sebesar di akhir tahun ini. Empat desa yang menerima tambahan DD di tahun ini yakni, Desa Bangunan, Bumidaya, Pematang Baru, dan Desa Pulau Tengah.

Camat Palas Rosalina mengatakan, tambahan DD yang akan diterima setiap desa sebesar Rp 133.823.000. Penerima tambahan DD ini dipilih berdasar Peraturan Menteri Keuangan nomor 201 tahun 2022.

“Ada empat desa yang menerima tambahan DD di tahun ini. Empat desa tersebut yakni, Desa Pematang Baru, Bumidaya, Bangunan, dan Desa Pulau Tengah,” kata Rosalina, Senin (9/10) kemarin.

Rosalina berharap, tambahan DD ini dapat dimanfaatkan dengan baik untuk membangun desa. Selain itu tambahan dana desa ini juga diharapkan dapat memotivasi kinerja pemerintah desa.

BACA JUGA:Kasus Asusila Terbanyak Kedua Sidang di PN Kalianda

“Tambahan DD ini diberikan berdasarkan kinerja desa, maka dari itu harapan kita desa lain juga dapat termotivasi untuk bekerja lebih baik. Harapan kita DD tambahan ini juga dapat dimanfaatkan dengan baik agar bermafaat untuk masyarakat,” sambungnya.

Sementara itu Pendamping Desa Kecamatan Palas, Fahrul Ulum menerangkan, penerima tambahan DD ini ditentukan berdasarkan empat kriteria berdasarkan Peraturan Menteri Keungan nomor 201 tahun 2022.

Empat kriteria itu yakni, desa berstatus, berkembang, maju, atau mandiri. Bukan desa penerima alokasi afirmasi, melaksanakan BLTDD tahun 2021. Dan terkahir tidak terdapat penyalahgunaan keuangan desa.

“Sebagai dasar, desa yang mendapatkan tambahan DD ini harus memenuhi unsur penyampaian realisasi APBDes setiap bulan. Seperti laporan realisasi pelaksanaan APBDes tahun 2023 masuk dalam penilaian,” pungkasnya. (vid)

Sumber: