Panas! Api Berkobar di Dua Lokasi

Panas! Api Berkobar di Dua Lokasi

Ist - Kepala KSKP Bakauheni, AKP. Ridho Rafika, S.H.,M.M. mengecek kebakaran lahan yang terjadi di kilometer 00.300 di Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni.--

BAKAUHENI, RADARLAMSEL.DISWAY.ID – Masyarakat Kabupaten Lampung Selatan harus lebih berhati-hati ketika beraktivitas di sekitar lahan kosong atau lahan perkebunan.

Sebab, musim kemarau panjang mengakibatkan suhu memanas. Panasnya matahari kerap menimbulkan kebakaran. Seperti yang terjadi di Kecamatan Bakauheni dan Kecamatan Sidomulyo.

Kebakaran lahan di kilometer 00.300 Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, terjadi sekitar pukul 09.30 WIB, Kamis, 19 Oktober 2023. 

Dalam kejadian itu si jago merah melalap lahan seluasa 500 meter persegi. KSKP Bakauheni menerima informasi kebakaran itu dari salah satu karyawan bernama Suhar. 

BACA JUGA:Suket Lahir Jangan Asal Keluar, Harus Valid

Menurut keterangan yang diterima polisi, Suhar mengetahui adanya kebakaran ketika melintas di jalan tersebut. Setelah menerima informasi, Polisi pun langsung bergegas ke lokasi. 

"Kami langsung menghubungi mobil pemadam kebakaran milik PT ASDP Bakauheni," ujar Kepala KSKP Bakauheni, AKP. Ridho Rafika, S.H.,M.M. saat dihubungi Radar Lamsel. 

Beberapa menit berselang, satu unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. Ridho memimpin langsung proses pemadaman lahan yang berisi rumput ilalang kering itu. Tentunya mereka melakukannya secara bersama-sama dengan petugas pemadam dari ASDP. 

"Beruntung tidak ada kerugian materi maupun korban jiwa. Petugas sudah mengambil keterangan para saksi," katanya. 

Proses pemadaman itu berlangsung lumayan cepat. Hanya memakan waktu 1 jam 30 menit. Ridho mengatakan kalau penyebab kebakaran itu belum diketahui. 

Namun dia mengimbau masyarakat agar waspada. Karena, kata Ridho, kondisi cuaca yang panas dan terik bisa menyebabkan kebakaran lagi. 

"Kami perlu sampaikan kepada masyarakat bahwa peristiwa kebakaran lahan dapat terjadi kembali di lokasi yang berbeda," katanya. 

Kebakaran juga terjadi wilayah Sidomulyo. Kecamatan itu kembali dilanda kebakaran lahan dan hutan. Musim kemarau yang terus berlangsung menyebabkan kebakaran lahan dan hutan terus terjadi di wilayah tersebut.

Koordinator Posko Pemadaman dan Penyelamatan Sidomulyo, Zaenal mengatakan, kebakaran lahan kembali terjadi di Desa Talang Baru. Kebakaran lahan ini terjadi sekitar puku 10.40 WIB.

Sumber: