Kerajaan Adat Lampung Nobatkan Mantan Wakil Bupati Empat Lawang Sebagai Bangsawan

Kerajaan Adat Lampung Nobatkan Mantan Wakil Bupati Empat Lawang Sebagai Bangsawan

Mantan Wakil Bupati Empat Lawang Dinobatkan Sebagai Bangsawan Oleh Kerajaan Adat LampungMantan Wakil Bupati Empat Lawang Dinobatkan Sebagai Bangsawan Oleh Kerajaan Adat Lampung-ist/net---

Dalam sejarah panjang nusantara, budaya dan tradisi telah berperan penting dalam menghargai dan mengakui jasa yang diberikan seseorang. 

 

Hal ini tercermin dari adat Kerajaan Lampung yang menganugerahkan gelar bangsawan kepada individu yang menunjukkan dedikasi luar biasa dalam mengabdi pada kemajuan daerahnya. Salah satunya adalah mantan Wakil Bupati Empat Lawang yang baru saja diangkat menjadi bangsawan oleh Kerajaan Adat Lampung.

Keputusan ini menarik perhatian karena merupakan langkah bersejarah yang menunjukkan eratnya hubungan antara budaya, pelayanan dan rasa hormat di Indonesia, menegaskan bahwa penghormatan atas kontribusi setiap orang tetap menjaga adat istiadat yang sangat dihormati dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Yulius Maulana, mantan wakil Bupati Empat Lawang, dianugerahi gelar bangsawan oleh Kerajaan tradisional Lampung.

Dalam prosesi yang digelar pada Sabtu, 28 Oktober 2023, Raja Sekala Brak Yang Dipertuan ke-23, Pangeran Edward Syah Pernong, menyerahkan medali dan kopiah adat Lampung untuk Yulius Maulana, sebagai tanda penobatan kerajaannya.

Dalam sambutannya, Yulius Maulana menyampaikan rasa hormat dan  terima kasih atas penghargaan yang dianugerahkan kepadanya.

Menurutnya, gelar kebangsawanan bukan hanya sekedar kehormatan pribadi namun juga  tanggung jawab moral yang harus dijaga dengan baik.

Sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan Lahat, Yulius Maulana yakin kini menjadi bagian dari keluarga kerajaan adat Lampung.

Baginya gelar bangsawan merupakan lambang kedekatan, kekeluargaan, tanda solidaritas yang luhur. “Alhamdulillah, saya kini menjadi bagian dari keluarga besar kerajaan adat Lampung,” ujarnya dilansir Rakyatempatlawang.com.

Meski begitu, Yulius Maulana juga berharap gelar kebangsawanan yang diterimanya tidak hanya bermanfaat bagi dirinya, tapi juga seluruh masyarakat.

“Semoga bermanfaat untuk saya pribadi juga bermanfaat bagi sesama,” ucapnya penuh keyakinan.

Mendapat gelar bangsawan pun menjadi motivasi Yulius Maulana agar lebih berani dalam melakukan apa yang dianggap benar.

Ia menegaskan, tantangan ini akan memotivasi dirinya untuk terus berperan aktif dalam hal-hal yang dirasa perlu.

Sumber: