Dampak Serangan El Nino Peternak Terpaksa Cari Rumput Diluar Kabupaten Lain, Kebutuhan Air Bersih Menipis

Dampak Serangan El Nino Peternak Terpaksa Cari Rumput Diluar Kabupaten Lain, Kebutuhan Air Bersih Menipis

Dampak kemarau panjang sebagian masyarakat desa terpaksa mencari sumber mata air bersih yang masih ada. Foto : -- Radarlamsel ----

Radarlamsel -- Musim kemarau yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia menyebabkan terjadinya kekeringan di beberapa daerah atau desa, salah satunya di Kecamatan Natar. 

Masyarakat di kecamatan ini tidak lagi mempunyai air minum, untuk keperluan sehari-hari dan kesulitan mencari makan untuk ternaknya. 

Selain kekurangan air minum, hampir setiap hari wilayah tersebut menghadapi kebakaran di lahan terbuka atau di perkebunan komunal. 

Musim kemarau juga membuat ratusan hektar lahan pertanian tidak bisa digarap, dan masyarakat mulai kesulitan mencari makanan untuk ternaknya ketika seluruh lahan kering. 

Wagino, warga Desa Purwosari, mengatakan, sejak musim kemarau, hampir tidak ada warga yang bertani di desanya, apalagi masyarakat di desa tersebut kesulitan mencari makan untuk ternaknya karena lahannya sangat kering. 

"Air bersih masih ada sebagian karena kita pakai sumur bor, jadi lahan pertanian disini benar-benar tidak ada airnya lagi. Desa ini tidak ada sungai, kalaupun ada waduk pasti kering.

" jadi kami ini mencari pakan di kabupaten lain seperti Pringsewu, dan luar daerah lainnya, kata Wagino. 

Masyarakat yang beternak terpaksa menyewa mobil untuk mencari makan di luar daerah. Tidak ada lagi rumput di sini,” ungkapnya.

Wagino berharap ke depan ada solusi terhadap situasi kekeringan yang terjadi saat ini, jika tidak, masyarakat akan semakin kesulitan. Untuk saat ini saja seluruh siswa SD di desanya terpaksa setiap hari membawa air bersih satu botol untuk keperluan Mck mereka di sekolah, "Kami sangat berharap ke depan ada solusinya,” ujarnya. 

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk mengunjungi masyarakat desa yang kekurangan air bersih. Hampir setiap hari, petugas pemadam kebakaran mengunjungi masyarakat yang membutuhkan air bersih. 

Kepala Desa Candimas Andri Suwaldi menyampaikan terimakasih atas bantuan air bersih yang diberi Pemda Lampung Selatan melalui kecamatan Natar selama ini. Terus terang lanjut Kades, sebagian masyarakat di desanya sudah tidak memiliki air bersih, mereka harus meminta ke tetangga yang masih memiliki air bersih selain itu meminta bantuan pengiriman air bersih dari kecamatan melalui pemadam kebakaran. Belum lagi kebakaran hampir tiap hari di kecamatan Natar saat ini.

“Terima kasih Pak Bupati Lampung Selatan, atas dukungannya terhadap air minum, masyarakat kami sangat terbantu dengan dukungan ini,” kata Kepala Desa Candimas Andri.

Sumber: