Peringati Sumpah Pemuda, Siswa SMAN 1 Kalianda Cosplay Jadi Pahlawan

Peringati Sumpah Pemuda, Siswa SMAN 1 Kalianda Cosplay Jadi Pahlawan

Randi Pratama - Siswa-siswi SMA Negeri 1 Kalianda ber-cosplay menjadi pahlawan nasional dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda yang digelar pada Senin, 30 Oktober 2023.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - SMA Negeri 1 Kalianda mewarnai peringatan Hari Sumpah Pemuda dengan perlombaan dan kegiatan menarik. Para siswa menjadi peserta di lomba baca puisi, dan juga lomba cerdas cermat (LCT).

Bagian yang paling menarik, siswa menjadi cosplay. Tetapi pada cosplay kali ini siswa bukan meniru gaya karakter anime ataupun video game. Melainkan mengambil karakter pahlawan Indonesia.

Ada yang menjadi cosplay Rahmawati, istri Presiden Republik Indonesia yang pertama, yaitu Soekarno. Ada juga siswa yang ber-cosplay sebagai Soekarno. Bahkan beberapa pahlawan lainnya juga. Lomba ini memang sengaja digelar karena SMA Negeri 1 Kalianda ingin mendidik siswa-siswanya untuk selalu mengingat sosok penting di Indonesia.

BACA JUGA:Sudin Ajak Dirjen PSDKP Temui Nelayan

Kepala SMA Negeri 1 Kalianda, Darmiyati, M.Pd mengatakan kalau anak didiknya tidak hanya ikut dalam perlombaan di sekolah saja. Di luar sekolah, lanjut Darmiyati, siswanya juga mengikuti lomba pidato, olimpiade bahasa, dan juga story telling bahasa Inggris.

"Lomba yang kami laksanakan di sekolah ini untuk memperingati Sumpah Pemuda, dan Bulan Bahasa," ujarnya, Senin, 30 Oktober 2023.

Darmiyati menyadari betapa pentingnya memberikan ingatan kepada para siswa tentang momen Sumpah Pemuda. Jangan sampai, kata Darmiyati, siswa melupakan peran Sumpah Pemuda yang menjadi salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia.

"Kami ingin menyemarakkan bulan bahasa. Sekaligus sebagai pengingat bagi siswa betapa pentingnya momentum Sumpah Pemuda," katanya. (rnd)

Sumber: