Kapasitas TRC Terus Dikembangkan

Kapasitas TRC Terus Dikembangkan

Idho Mai Saputra - Plt. Kepala BPBD Aflah Effendi saat membuka kegiatan pengembangan kapasitas TRC di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Rabu (8/11/2023)--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung Selatan menggelar kegiatan pengembangan kapasitas tim reaksi cepat (TRC). Kegiatan ini diikuti 100 peserta dari berbagai unsur termasuk TNI dan Polri, di Aula Rajabasa Kantor Bupati Lamsel, Rabu (8/11/2023).

Plt. Kepala BPBD Lamsel, Aflah Effendi dalam laporannya menyampaikan, pengembangan kapasitas TRD ini digelar guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan TRC multi sektor dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana di Kabupaten Lampung Selatan.

“Kami juga berharap melalui kegiatan ini mampu meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar anggota TRC multi sektor. Sehingga mereka lebih kompak jika suatu saat menangani permasalahan bencana di daerah,” terang Aflah dalam kegiatan tersebut.

Selain itu, imbuhnya, tujuan digelarnya kegiatan tersebut adalah untuk menyiapkan petugas TRC menyambut perubahan musim. Karena, memasuki musim penghujan biasanya sangat rawan terhadap bencana alam.

BACA JUGA:Ikan Hias Natar Diminati Pasar Luar Negeri, UPTD Perikan Aktif Lakukan Penyuluhan

“Karena memang peserta nya dari seluruh elemen lintas sektor TCR. Yang meliputi petugas BPBD, Desa Tanggung Bencana (Destana), Basarnas, Senkom Mitra Pilrri dan Pramuka Kwarcab termasuk TNI dan Polri,” imbuhnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan tersebut akan berlangsung selama dua hari kedepan. Dengan melibatkan narasumber yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

"Narasumber dari BNPB 5 orang terdiri dari :Drs. Gatot Satria Wijaya S., M. Si (Kasubdit Fasilitasi Penyelamatan dan Evakuasi), Muhammad Rizky Aprianto, S. Sos (Penata Penanggulangan Bencana Ahli Pertama), Vidya, SE (Penyusun Bahan Rencana Kerja dan Anggaran Sistem dan Metoda), Habibullah, ST (Analis Bencana) dan Galuh Adnindya, S. Psi (Analis Bencana),” pungkasnya. (idh)

Sumber: