Desa Rulung Helok Bagian Kambing ke Kelompok Ternak Untuk Program Ketahanan Pangan

Desa Rulung Helok Bagian Kambing ke Kelompok Ternak Untuk Program Ketahanan Pangan

penyerahan Kambing Program Ketahanan Pangan Desa Rulung Helok Kecamatan Natar : -- Pemdes Rulung Helok -- --

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID -- Ketahan Pangan menjadi prioritas Kementrian Desa di 2 tahun terakhir. bahkan kementerian ini tetap memprioritaskan kembali dana ketahanan pangan 20% dari total anggaran dana desa yang diterima masing-masing desa di seluruh Indonesia untuk tahun 2024.

Anggaran 20% ketahan pangan itu diprioritaskan untuk ketahanan pangan, seperti membantu petani mendongkrak hasil bumi yang dikelola, memperdayakan kelompok ternak dengan pengadaan hewan ternak di desa atau membangun infrastruktur jalan usaha tani menuju lahan pertanian masyarakat.

" Dari total dana desa yang diterima masing-masing desa dikhususkan 20% untuk ketahanan pangan yang ada di desa tersebut. contohnya pengadaan bibit pertanian, hewan ternak seperti kambing, sapi dan lainnya untuk dibudidayakan kelompok ternak di desa," ujar Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kementerian Desa Wilayah Natar, Januar Sam Putra Panggar.

Menurut Januar, nantinya dari hasil beternak kambing dapat digulirkan kepada kelompok ternak lain di desa itu. 

" Misalkan Desa membeli kambing 25 ekor siap produksi, nah kambing tersebut dikatakan lah sudah berhasil bertambah menjadi 35 ekor, artinya kan ada 10 ekor tambahan dari jumlah awal tadi, hasilnya itu bisa diberikan kepada kelompok lain supaya terus berkembang," kata Januar.

Beberapa desa di Natar Lanjut Januar, sudah mulai berternak kambing, bebek, Bahakan sapi dari dana ketahanan pangan yang diberikan kementrian desa melalui dana desa.

" ada desa yang bisa dikatakan sudah berhasil berternak kambing dan kemungkinan besar desa ini bakal jadi sentra ternak kambing di Lampung Selatan, desa itu Rulung Raya," kayanya.

Awalnya di tahun 2022 Pemerintah desa Rulung Raya, membeli bibit kambing 45 ekor, kemudian di tahun ini ditambah lagi 40 ekor, total semua untuk sekarang hampir 200 ekor artinya desa ini berhasil. Program ketahanan pangan ini pun masih jadi prioritas di 2024 oleh Kementerian Desa.

Desa lain pun sudah mengikuti langkah yang dijalankan desa Rulung Raya, salah satunya desa Rulung Helok, hari ini pemerintah desa membagikan bibit cabai dan 8 ekor kambing siap produksi untuk diternak kelompok yang ada di desa tersebut.

Kepada Desa Rulung Helok Dicky Dendy mengatakan, Ditahap akhir pencairan dana desa, desa Rulung Helok membeli kambing siap produksi sebanyak 5 ekor, dengan anggaran sebesar Rp8 juta.

" ditahun depan kami tambah lagi kambingnya untuk kelompok ternak di desa kami ini. anggaran ketahan pangan desa kami untuk tahun 2023 digunakan untuk membangun jalan rabat beton menuju laha pertanian, pengadaan bibit cabai dan kambing yang kita bagikan hari ini," kata Kepala Desa Rulung Helok Dicky Dendy.(*)

Sumber: