Ada Tiga Nama yang Diusulkan Bakal Jadi PJ Gubernur Lampung

Ada Tiga Nama yang Diusulkan Bakal Jadi PJ Gubernur Lampung

-- Istimewa ----

RADARLAMSEL.DISWAY.ID -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung telah menerima surat dari Kemendagri/Kementrian Dalam Negeri mengenai usulan Penjabat (PJ) Gubernur Lampung.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Wakil Ketua DPRD Lampung Elly Wahyuni. " surat dari Kemendagri sudah diterima," ungkap Elly, pada Senin 27 November 2023.

Kata Wakil Ketua DPRD itu, DPRD akan segera melakukan pembahasan mengenai hal tersebut. Meski pun, dia sendri belum dapat memastikan kapan akan melakukan pembahasan dan mengirim surat tersebut kembali ke Kementerian Dalam Negeri. " Nanti kami bahas," kata dia.

Diketahui, DPRD Lampung juga telah menggelar rapat pimpinan mengenai usulan Penjabat Gubernur Lampung.

Hasil rapat itu ada 3 nama teratas yang akan diusulkan ke Kementerian Dalam Negeri.

Yang terbanyak mendapat usulan fraksi-fraksi yaitu Sekjen DPD RI Rahman Hadi. Dia diusulkan tujuh dari sembilan fraksi di DPRD Lampung untuk menjadi Pj. Gubernur Lampung.

Kemudian Sekretaris Provinsi Lampung Fahrizal Darminto diusulkan enam fraksi serta staf ahli bidang hukum Kemenpora Samsudin diusulkan empat fraksi. 

Selebihnya masing-masing satu usulan untuk Stafsus KSAL Laksamana Pertama (Laksma) TNI Idham Faca dan Rektor Unila Prof. Lusmeilia Afriani. 

Ketua Fraksi Partai Demokrat Lampung Hannifal menerangkan, nama-nama itu merupakan hasil dari usulan fraksi, dari nama-nama tersebut hanya ada tiga teratas yang akan dikirim ke Kemendagri.

Meski demikian, DPRD Lampung belum mengirimkan nama-nama tersebut karena belum menerima surat dari Kemendagri perihal usulan Pj. Gubernur dari DPRD Lampung.

’’Belum, karena DPRD Lampung juga belum terima surat dari Kemendagri," katanya. 

Selain itu, lanjut dia, belakangan ini DPRD Lampung juga dipadati agenda. Salah satunya pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Lampung Tahun Anggaran 2024.

’’Jadi ketika surat Kemendagri sampai, itu akan langsung dikirimkan," ujarnya. 

Sementara, Wakil Ketua DPRD Lampung Fauzan Sibron mengatakan pimpinan DPRD belum mengambil keputusan siapa saja nama-nama yang akan dikirimkan ke Kemendagri.

Sumber: