Bantu Program Bedah Rumah Bisa Pakai Q-Ris

Bantu Program Bedah Rumah Bisa Pakai Q-Ris

Ilustrasi Gambar--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Berbagai upaya dan terobosan dilakukan Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Lampung Selatan dalam rangka meningkatkan pendapatan lewat program gerakan sehari seribu (Geserbu). Terbaru, yakni dengan meluncurkan atau menyediakan Q-Ris guna mempermudah masyarakat untuk menyumbangkan pendapatannya.

Seperti dikethui, Geserbu sendiri adalah program bedah rumah tidak layak huni (RTLH) milik masyarakat, yang digagas langsung oleh bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto.

Plt. Kepala Disperkim Kabupaten Lampung Selatan, Aflah Efendi mengatakan, pihaknya sudah menyebarkan papan Q-Ris tersebut dan selanjutnya dipasang di setiap kantor atau dinas perangkat daerah. Termasuk, akan ditempatkan di perusahaan serta desa se-Kabupaten Khagom Mufakat ini.

“Q-Ris Geserbu itu telah diluncurkan pada 12 Januari 2023, lalu. Kita berharap, seluruh masyarakat dapat menyumbangkan uangnya menggunakan barcode dari Q-Ris tersebut,” ujar Aflah saat dikonfirmasi awak media, Senin (22/1/2024).

BACA JUGA:OPD Diminta Berlomba Ciptakan Inovasi

Dia menerangkan, Q-Ris itu sendiri langsung terkoneksi dengan Bank Lampung atas nama swasembada rumah. Sehingga, siapapun dapat menyumbangkan uangnya dengan nilai berapa pun untuk mendukung kegiatan bedah rumah tersebut.

“Terobosan ini kita lakukan demi membantu masyarakat. Dana yang terkumpul nantinya untuk membedah RTLH dengan nilai (bantuan) 1 rumah Rp20 juta,” jelasnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, hasil pendataan tahun 2017 tercatat kondisi RTLH di Kabupaten Lampung Selatan ada sebanyak 13.221 unit. Namun sedikit demi sedikit RTLH tersebut sudah dibedah atau diperbaiki.

Dan ditahun 2023, Pemkab Lampung Selatan telah membedah setidaknya 1.146 unit RTLH. Dengan rincian, melalui APBN 219 unit, APBD Provinsi 168 unit APBD Kabupaten 728 unit dan lain-lain sebanyak 31 unit RTLH. (idh)

Sumber: