Pasar Natar Dibangun Megah, Begini Cerita Awalnya Menurut Kementrian PUPR

Pasar Natar Dibangun Megah, Begini Cerita Awalnya Menurut Kementrian PUPR

Ground Breaking Pembangunan Pasar Natar Oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Bersama Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.Febi Herumanika/Radarlamsel.disway.id---

NATAR,RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, bersama Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR Essy Asiah, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, Perwakilan Bupati Lampung Selatan melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan pasar Natar, pada Kamis 25 Januari 2024.

 

Dalam kesempatan itu, Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR Essy Asiah menceritakan, awal pihaknya menerima amanah terkait pembangunan pasar Natar.

 

Menurut Essy, pada 18 Juli 2018 Presiden telah menyampaikan kepada Kementerian PUPR mendapat amanah tambahan untuk pelaksanaan pembangunan serta prasarana guna menunjang penguatan SDM dan kegiatan Perekonomian diantaranya melalu pembangunan/renovasi pasar rakyat, prasarana perguruan tinggi keagamaan islam dan satuan pendidikan dasar dan menengah.

 

5 Mei 2023, Presiden Republik Indonesia didamping Mentri PUPR dan Menteri Perdagangan ke Provinsi Lampung mengunjungi pasar Natar, dalam kunjungan itu diperoleh adannya peluang pembangunan pasar Natar untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan mendukung kesejahteraan rakyat terutama di Lampung Selatan yang memiliki potensi serta posisi strategis, karena letaknya berada di jalur lintas tengah Sumatra sebagai pintu gerbang/etalase Provinsi Lampung.

 

Kata Direktur Prasarana Strategis Kementrian PUPR itu, pembanguan pasar akan dilakukan dengan skema MYC (Multi Years Contract) APBN 2023-2024 dengan nilai kontrak Rp 44, 421, 592, 000, oleh penyedia jasa PT. Karya Bangun Mandiri Persada, dengan masa pelaksanaan pekerjaan kontruksi selama 270 hari kalender.

 

" Besar harapan kami bahwa pembanguan pasar Natar mendapat dukungan dari berbagai stakeholder baik ditingkat kabupaten, Provinsi atau pun pusat," kata Essy.

 

Diharapkan pembangunan pasar Natar ini dapat membantu meningkatkan perekonomian kabupaten Lampung Selatan dan memberi nilai manfaat langsung kepada pedagang maupun kepada masyarakat sekitar.(*)

Sumber: