Hujan Deras Disertai Angin Kencang Bikin Waswas

Hujan Deras Disertai Angin Kencang Bikin Waswas

Ilustrasi Gambar--

PENENGAHAN, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Imbauan BPBD Kabupaten Lampung Selatan tentang bahaya bencana di musim hujan sepertinya patut diindahkan. Dalam beberapa hari belakangan ini di wilayah Kecamatan Penengahan, dan Kecamatan Kalianda sering diwarnai hujan deras. Bukan cuma hujan saja. Embusan angin kencang turut menjadi hal yang menimbulkan kekhawatiran. 

Hujan deras disertai angin kencang kerap kali berpotensi melahirkan sebuah bencana. Meskipun skala kerusakannya tidak terlalu besar atau parah. Hujan deras disertai angin kencang biasanya terjadi menjelang sore hari, kadang juga di malam hari. 

Hal itulah yang membikin hati masyarakat gusar. Pasalnya, bencana datang tidak mengenal waktu. Baik jam maupun hari. Masyarakat harus bisa mawas diri. 

"Kalau hujan mulai datang, biasanya tak lama angin nyusul," ujar Hardi, warga Kecamatan Penengahan, Minggu, 28 Januari 2024. 

BACA JUGA:Nanang Apresiasi Penyederhanaan Proses Keimigrasian

Meski saat ini masih aman, dia tetap khawatir akan kedatangan banjir apabila kondisi seperti ini terus menerus terjadi. Curah hujan yang tinggi bisa menyebabkan debit air meningkat. Sehingga irigasi tak mampu menampung derasnya air yang mengalir. 

"Mudah-mudahan tidak terjadi apa-apa. Tetapi warga tetap waspada, sekarang itulah yang bisa kami lakukan," katanya. 

Sama halnya dengan Dani. Warga Kecamatan Kalianda ini juga pasang mata dan telinga ketika hujan disertai angin kencang tejadi saat malam hari. Menurut dia, tidak salah bila melakukan pemantauan sebagai langkah antisipasi bencana sedini mungkin. 

"Kita tidak bisa menolak bencana. Jadi yang bisa dilakukan adalah mengantisipasinya," kata dia. (rnd)

Sumber: