Ulat Serbu Ratusan Hektar Jagung

Ulat Serbu Ratusan Hektar Jagung

Ilustrasi Gambar--

PALAS, RADARLAMSEL.DISWAY.IDSerangan hama ulat grayak nampanya sudah mulai menyebar di wilayah Lampung Selatan. Tak hanya di Sidomulyo, ratusan hektar tanaman jagung di wilayah Palas juga diserang hama ulat.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Palas, Yusak Murjoko mengatakan, serangan hama ulat ini hampir merata di seluruh desa Kecamatan Palas.

“Serangan hama ulat sudah dua pekan ini, dan merata di 21 desa. Mulai dari Desa Sukaraja hingga Desa Tanjung Jaya,” kata Yusak kepada Radar Lamsel, Minggu (28/1) kemarin.

Yusak mengungkapkan, serangan hama ulat grayak ini setidaknya telah merusak 129 hektar tanaman jagung petani. Dengan tingkat kerusakan ringan hingga sedang.

BACA JUGA:Nanang Apresiasi Penyederhanaan Proses Keimigrasian

“Total hamparan tanaman jagung kita ada 2.000 hektar.  Sementara yang mengalami kerusakan akibat serangan ulat grayak ini seluas 129 hektar,” sambung Yusak.

Meski begitu, serangan hama ulat grayak ini masih bisa dikendalikan. Petani juga telah melakukan upaya penyemprotan festisida untuk meredam serangan hama ulat.

“Insyaallah masih bisa dikendalikan. Petani juga sudah melakukan pengendalian dengan penyemprotan festisida,” sambungnya.

Serangan hama ulat grayak ini juga diamini oleh Ketua Gabungan Kelompok Tani Bali Jaya, Desa Bali Agung, Dewo Aji Sastrawan. Namun kata, dewo serangan hama ulat tersebut hanya seluas delapan hektar.

“Tanaman jagung petani kita juga diserang hama ulat, namun tidak begitu parah. Hanya delapan hektar dan masih bisa dikendalikan petani,” pungkasnya. (vid)

Sumber: