Kantongi Jumlah TPS, Polisi Geser Ribuan Anggota

Kantongi Jumlah TPS, Polisi Geser Ribuan Anggota

Ilustrasi Gambar--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pergeseran pasukan mulai dilakukan Polres Lampung Selatan pada Senin, 12 Februari 2024. Ini merupakan langkah awal bagi personel Polri dalam rangka pengamanan tahap pemungutan suara di pemilihan umum (pemilu). 

Polisi menggunakan pola pengamanan TPS dengan menggunakan pendekatan tingkat kerawanan, yakni TPS kurang rawan, TPS khusus, TPS rawan, dan TPS sangat rawan. 

Polisi juga sudah mendata jumlah TPS pelbagai kategori tersebut. Jumlah TPS kurang rawan sebanyak 2.961 TPS, dengan jumlah personel pengamanan sebanyak 472 orang. TPS khusus (lapas) sebanyak 12 TPS, dengan pengamanan sebanyak 24 personel. TPS rawan sebanyak 56 TPS dengan jumlah 56 personel. 

"Untuk TPS sangat rawan tidak ada," ujar Kapolres Lamsel, AKBP. Yusriandi Yusrin, S.IK dalam keterangan tertulisnya. 

Polres Lampung Selatan sendiri menurunkan 567 personelnya yang terdiri dari 378 pengamanan TPs, ditambah 55 satgas dan 134 siaga di markas. Jumlah itu ditambah dari personel Polda Lampung dari Sat Brimobda, Samapta, dan pengamanan. 

BACA JUGA:Kita yang Menentukan, Jangan Mau Ditentukan Karena Pilihanmu Menentukan Masa Depan Bangasa Kita

"Personel Dit Brimobda dan Dit Samapta akan ditempatkan di tiga lokasi pos, yakni Penengahan, Mapolres dan Tanjung Bintang," katanya.

 Ketiga titik itu sengaja dipilih karena mudah menjangkau lokasi dengan cepat apabila terjadi kerawanan kamtibmas. Jika ditotal secara keseluruhan, jumlah personel yang diterjunkan dalam pengamanan pemilu tahun ini mencapai ribuan. 

Rinciannya dari perkuatan linmas (perlindungan masyarakat) yang dilibatkan dalam pengamanan TPS di Kabupaten Lampung Selatan sebanyak 6.058 orang, dan Kodim 0421/LS sebanyak 106 personel. (rnd)

Sumber: