Tanggul Jebol Ditambal Sementara

Tanggul Jebol Ditambal Sementara

Ilustrasi Gambar--

PALAS, RADAR LAMSEL.DISWAY.ID - Hantaman banjir menyebabkan tanggul Sungai Way Pisang di Desa Palas Aji jebol. Akibatnya ratusan hektar tanaman padi masayarakat terendam banjir.

Ali Hidayat (37) mengatakan, tanggul sungai jebol sejak Kamis hingga Minggu (3/3). Hal itu terjadi akibat debit air Sungai Way Pisang terus meningkat.

"Tanggul jebol karena banjir semakin tinggi. Akibatnya tanggul tak bisa menahan banjir," kata Ali kepada Radar Lamsel, Kamis kemarin.

Ali mengungkapkan, jebolnya tanggul Sungai Way Pisang tersebut menyebabkan ratusan hektar tanaman padi di Desa Palas Aji dan Desa Palas Pasemah terendam banjir.

BACA JUGA:Remaja Warga Desa Trimomukti Kecamatan Candipuro Hanyut Terbawa Arus Sungai Way Galih

"Sudah banyak sawah warga yang terendam banjir. Saat ini warga Desa Palas Aji dan Palas Pasemah bergotong royong untuk mentup tanggul yang jebol," sambungnya.

Sementara itu Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kecamatan Palas, Yusak Murjoko mengungkapkan, setidaknya ada 200 hektar tanaman padi di Desa Palas Aji yang terendam banjir akibat tanggul jebol tersebut.

"Sudah ada sekitar 200 hektar tanaman padi yang terendam akibat tanggul yang jebol tersebut. Bahkan banjir semakin meluas ke wilayah persawahan Desa Palas Pasemah," sambungnya.

Saat ini petani di dua desa tersebut hanya bisa menutupi tanggul yang jebol guna mengurangi dampak banjir. "Warga dua desa gotong royong menimbun tanggul. Ini dilakukan supaya banjir tidak meluas," pungkasnya. (vid)

Sumber: