Gerindra Geser Pencapaian PDIP dengan 9 Kursi

Gerindra Geser Pencapaian PDIP dengan 9 Kursi

Ilustrasi Gambar--

KALIANDA, RADAR LAMSEL.DISWAY.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Selatan telah menuntaskan Pleno DPRD Kabupaten/Kota di tingkat kabupaten. Dari hasil pleno tersebut Partai Gerindra berhasil mengamankan 9 kursi di DPRD Lampung Selatan menggantikan capaian PDI Perjuangan pada Pemilu sebelumnya.

Sebab pemilu legislatif kabupaten tahun ini PDI Perjuangan meraih 8 kursi dari 50 alokasi kursi yang tersedi. Capaian ini menurun dari pemilu sebelumnya yang menempatkan PDI Perjuangan mengamankan kursi Ketua DPRD Lampung Selatan dengan perolehan 9 kursi kala itu.

Kendati begitu PDI Perjuangan tetap masuk dalam bursa unsur pimpinan DPRD Lampung Selatan. PDI Perjuangan bakal mengamankan Wakil Ketua I DPRD Lamsel. Sementara Wakil Ketua II dan Wakil Ketua III bakal diperebutkan oleh parpol dengan perolehan kursi tepat dibawah PDI Perjuangan.

Sementara itu Partai Golkar mampu mempertahankan ritme sepertu tahun sebelumnya. Pada pileg tahun ini Golkar mampu mengamankan 7 kursi, disusul oleh PAN dan PKB dengan masing-masing 6 kursi.

BACA JUGA:Lagi, Atlit Taekwondo Club Sumja Polsek Natar Rebut Mendali Emas Piala Kapolri CUP Ke-5 Tahun 2024

Serupa tapi tak sama, Partai Demokrat juga mampu mempertahankan ritme dengan perolehan 5 kursi. Sejumlah legislator kawakan dari Demokrat seperti Jenggis Khan Haikal dari Dapil I juga kembali duduk di kursi DPRD Lampung Selatan.

Capaian gemilang tentu saja dirasakan oleh Partai NasDem. Parpol besutan Surya Paloh itu berhasil menambah 2 kursi dari capaian pemilu sebelumnya hanya 3 kursi. Capaian NasDem ini juga sama dengan capaian PKB yang mampu menambah dua kursi yang semula PKB hanya 4 kursi menjadi 6 kursi.

Meski berada diurutan paling akhir dalam perolehan kursi. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tetap mengamankan Fraksi di DPRD Lampung Selatan dengan perolehan 4 kursi yang diraih PKS.

PKS merasakan betul dampak dari perolehan suara partai yang menggerus alokasi kursi di parlemen Lampung Selatan. Jika sebelumnya PKS mampu 6 kursi, maka pada Pemilu dan hasil rekapitulasi tingkat kabupaten yang usai digelar menempatkan PKS pada urutan terakhir dengan perolehan 4 kursi.

PKS masih lebih dominan dari dua Parpol lain yang kehilangan kursi di DPRD Lampung Selatan. Perindo dan Hanura kali ini belum mampu bersaing pada perolehan suara partai. Sehingga menyebabkan keduanya harus tersingkir dari kerasnya persaingan menuju parlemen Lampung Selatan.

Berikut hasil rekapitulasi tingkat kabupaten dengan perolehan suara parpol dan hasil perolehan suara Caleg dari Dapil I sampai dengan Dapil 7. (*) 

Sumber: