Perubahan Nomenklatur Warnai Sisi Pelantikan Pejabat 

Perubahan Nomenklatur Warnai Sisi Pelantikan Pejabat 

Trs: Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, membacakan sumpah pelantikan saat melantik para pejabat eselon II, III, dan IV di Aula Sebuku.--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Aula Sebuku Rumah Dinas Bupati menjadi saksi bisu pelantikan pejabat eselon II, III, dan IV. Bukan cuma pejabat definitif saja, Bupati Lampung Selatan, H. Nanang Ermanto, juga menyerahkan surat perintah tugas pelaksana tugas (Plt) kepada pejabat lainnya.

Perlu diketahui juga bahwa dalam pelantikan itu ada beberapa posisi pejabat yang mengalami perubahan nomenklatur di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). Di antaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar Kalianda, dan juga Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD).

Kemudian ada Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) yang berubah menjadi BRIDA (Badan Riset dan Inovasi Daerah). BKD sendiri ada nomenklatur perubahan nama di bidang-bidang. Sedangkan RSUD Bob Bazar hanya menghilangkan status UPTD.

"Tadinya UPTD atau Unit Pelaksana Teknis Dinas. Cuma itu saja," ujar Kepala BKD Kabupaten Lampung Selatan, Tirta Saputra, S.E., M.M. kepada Radar Lamsel, Kamis, 7 Maret 2024.

BACA JUGA:16 Kandidat Bakal Calon Bupati Lamsel, Ada Kades Hingga Anak Mentri dan Isti Bupati

Selebihnya hanya pergantian dan rolling jabatan saja. Asep Jamhur yang sebelumnya berstatus Plt sekarang resmi menjadi Kepala Dinas Pendidikan definitif setelah setahun lebih menyandang status pelaksana tugas. Lalu Muhammad Yusup, S.STP., M.M., yang dilantik sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah. Kemudian ada nama Aflah Efendi, S.T.,M.T., M.H., sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman. Disusul Yudhius Irza, S.Hut., M.M., yang dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Selanjutnya Harrizon, S.E., M.M., yang dilantik sebagai Kepala Dinas Perhubungan. Selanjutnya ada nama Kurnia Oktaviani, S.Sos., M.M., yang dilantik sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan. Di luar itu, ada 44 pejabat administrator dan 33 pejabat pengawas yang juga ikut dilantik.

Nanang mengatakan promosi, rotasi dan rolling merupakan hal yang biasa. Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan sendiri ingin mendorong terciptanya ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berprestasi dan berkualitas.

Nanang juga meminta semua pejabat harus introspeksi diri mengenai hal yang akan dilakukan dalam pelayanan," katanya. "Apa yang akan kita beri kepada rakyat, karena itu kita harus mendengar dan menyerap aspirasi rakyat.

Nah, ini harapan saya,” kata Nanang. Nanang juga berpesan agar para ASN bisa terus meningkatkan kedisiplinan dan meningkatkan kinerja. Harapannya dapat mempercepat tercapainya visi, misi serta program unggulan derah.

Dia mengajak semua pejabat yang dilantik untuk memperlihatkan kinerja dengan baik. "Dilihat aspek kinerjanya. Keberhasilan dilihat dari capaian kinerja, untuk itu perlu kedisiplinan yang tinggi," kata Nanang. (rnd/rls)

Sumber: