Harga LPG 3Kg di Lampung Utara Tembus Rp40 Ribu, Begini Kata Pertamina

Harga LPG 3Kg di Lampung Utara Tembus Rp40 Ribu, Begini Kata Pertamina

Pasca lebaran harga LPG 3 Kg di Kota Bumi Lampung Utara Naik 200 Persen. /istimewa---

RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Melonjaknya harga LPG melon ukuran 3 kg hingga 200 persen di sejumlah daerah pihak Pertamina pun memberikan saran.

Salah satu daerah yang mengalami lonjakan harga LPG ukuran 3 Kg ialah Kotabumi, Kabupaten Lampung Utara, Provinsi Lampung.

Kenaikan harga LPG melon tersebut Seperti sudah menjadi tradisi tahunan, harga yang sangat mahal membuat masyarakat kurang mampu kian pusing.

Dimana sebelumnya harga LPG 3 kg kisaran Rp 22 Ribu ribu naik menjadi Rp 40 ribu bahkan tembus diharga Rp 50 ribu.

" Ada juga kemarin dapat harga Rp50 Ribu. Kalau Saya kemarin beli LPG melon 3 kg dapat harga Rp 40 ribu, " ujar Parida ( 53), dikutip dari laman Lampung Newspaper (Disway National Network).

Menanggapi hal itu, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel menghimbau masyarakat tak perlu panik.

Pihak Pertamina Patra Niaga akan melakukan penambahan fakultatif penyaluran LPG 3 kg sebesar 21.280 tabung yang tersalurkan di wilayah Kabupaten Lampung Utara, hal itu dikatakan Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan melalui keterangan tertulis kepada Disway (15/4/2024).

Pihak Pertamina mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir sehingga melakukan panic buying, karena Pertamina menjamin distribusi dan pasokan tetap tercukupi untuk kebutuhan masyarakat.

Untuk pemenuhan kebutuhan LPG 3 kg, masyarakat di wilayah Kabupaten Lampung Utara Pangkalan Paringan, Pangkalan Evariana Suri, Pangkalan Usman Gani, Pangkalan Andryan Syahputra, Pangkalan Koperasi Wanita Melati, Pangkalan Efendi Yusni, Pangkalan Ali Young Agung, Pangkalan Saung Nage, Pangkalan Devi Alviyani, dan Pangkalan Mardiah Dwi.

"Pertamina kembali menegaskan masyarakat untuk membeli LPG 3 kg di pangkalan resmi Pertamina yang terjamin kualitas dan harga sesuai HET, serta tidak membeli LPG 3 kg di pengecer atau warung," imbuhnya.

Pertamina mengimbau kepada masyarakat untuk dapat segera melakukan pendaftaran dan pencocokan data NIK Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan Kartu Keluarga (KK) ke pangkalan LPG terdekat untuk bisa mengakses LPG bersubsidi di Pangkalan yang terjamin harga dan kualitasnya.

Diharapkan juga agar masyarakat dapat menggunakan LPG sesuai peruntukannya, dimana LPG 3 kg merupakan produk subsidi yang ditujukan khusus masyarakat yang kurang mampu.(*)

Sumber: