Hanyut Di Sungai Semuong, Warga Suoh Lampung Barat Ditemukan Tim SAR Gabungan Meninggal Dunia

Hanyut Di Sungai Semuong, Warga Suoh Lampung Barat Ditemukan Tim SAR Gabungan Meninggal Dunia

Foto : Istimewa/Basarnas Lampung---

LAMPUNG BARAT, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Manza Antoni (25) warga Pekon Roworejo Kecamatan, Suoh Kabupaten LAMPUNG BARAT ditemukan tim SAR Gabungan dalam keadaan meninggal dunia pada Sabtu 4 April 2024.

Menurut informasi yang dihimpun, kejadian bermula pada hari Kamis 2 April 2024 Sekitar pukul 14.00 WIB, saat itu ada tiga warga dusun Rejomulyo II Pekon Roworejo pergi memancing ke Sungai Semoung.

Saat itu salah satu dari ketiga pemancing terpeleset dan tercebur ke sungai yang berarus deras dan berbatu. Dua rekannya mencoba memberi pertolongan namun tidak berhasil.

Masyarakat sekitar sudah melakukan pencarian terhadap korban dengan menelusuri sungai namun hingga Jumat (03/05) jam 09.00 WIB belum ada tanda-tanda korban terlihat.

Kalak BPBD Lampung Barat Ky. Padang menghubungi Kantor Basarnas Lampung untuk meminta bantuan pencarian. Adapun data korban bernama Manza Antoni (25) merupakan warga Pekon Roworejo Kec. Suoh Kabupaten Lampung Barat.

Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah menerangkan, 1 tim rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan melakukan pencarian. 

Pukul 17.45 WIB tim tiba di Pekon Roworejo dan melakukan assessment dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Babinsa, Babinkamtibmas, BPBD Lampung Barat, dan masyarakat sekitar.

Setelah assessment, tim SAR Gabungan memutuskan untuk memulai pencarian pada Sabtu (04/05) dikarenakan kurang efektif apabila dilakukan pencarian pada malam hari.

Pada hari Sabtu (04/05) pencarian dimulai pukul 07.00 WIB dengan membagi tim menjadi 2 SRU. SRU I melaksanakan pencarian dengan penyisiran sungai menggunakan APD dan tali safety secara manual dikarenakan banyak batu besar di sungai hingga ke hilir.

SRU II melaksanakan penyisiran di sepanjang pinggir sungai.

Komandan Pos SAR Tanggamus Robi Rusli mewakili Kepala Kantor SAR Lampung Deden Ridwansah menyatakan bahwa korban berhasil ditemukan pada pukul 14.30 WIB dalam kondisi meninggal dunia pada kordinat 5°19'25"S 104°24'50"E jarak 2,7 Km dari lokasi kejadian. "Korban Manza Antoni telah ditemukan dalam keadaan meninggal dunia dan dievakuasi menuju rumah duka.", kata Robi. (*)

Sumber: