Program PAK KADES Bikin Warga Desa Kampungbaru Dilayani Maksimal

Program PAK KADES Bikin Warga Desa Kampungbaru Dilayani Maksimal

Kehadiran program PAK KADES atau pelayanan administrasi kependudukan--Foto Randi

PENENGAHAN,RADARLAMSEL.COM - Kehadiran program PAK KADES atau pelayanan administrasi kependudukan di kantor desa sangat mempermudah masyarakat.

Semenjak program itu bisa diakses secara langsung oleh pemerintah desa, semua pelayanan jadi mudah.

Desa bisa memaksimalkan pelayanan mereka kepada warganya. Pemerintah Desa Kampungbaru sendiri sudah menggunakan program PAK KADES sejak bulan Oktober tahun 2023 lalu. Masyarakat yang ingin membuat KK, dan akte kelahiran, tinggal datang ke balai desa.

Selain dua hal itu, warga juga bisa membuat akte kematian, serta surat pindah - datang, dan juga aktivasi identitas kependudukan digital (IKD).

Di luar itu, misanya ingin membuat KTP, masyarakat harus datang langsung ke pelayanan Disdukcapil di Mal Pelayanan Publik (MPP).

"Cetak dan perekaman KTP langsung di Capil," ujar Kepala Desa Kampungbaru, Effendi HF, kepada Radar Lamsel, Senin, 7 Mei 2024.

Effendi menambahkan hampir semua pelayanan bisa dilakukan di kantor desa, kecuali elemen data yang diubah tersebut adalah perubahan nama, tempat, tanggal, bulan dan tahun lahir. Semua perubahan itu bisa diakses masyarakat tetapi langsung ke pelayanan Disdukcapil.

BACA JUGA:Begini Cara Warga Sindir Pemkab Lamsel, Mandikan Kerbau di Kubangan Jalan Rusak

"Kalau mengubah pekerjaan, pendidikan, status perkawinan, pisah KK, dan penambahan anggota keluarga baru bisa di balai desa," katanya.

Bukti program PAK KADES mempermudah masyarakat bisa dilihat data data pelayanan yang sudah dicatat oleh Pemerintah Desa Kampungbaru. Per harinya, aparatur desa bisa melayani sekitar 3 sampai 5 orang. Kalau secara keseluruhan, total pelayanan selama ini sudah menyentuh data 60 adminduk.

"Mayoritas masyarakat yang datang mau dilayani aktivasi IKD. Sisanya, ya pembuatan KK, akte kelahiran, dan yang lain," kata Effendi. (rnd)

Sumber: