Miris, Peserta Lomba Desa Tak Becus Kelola Sampah Pasar

Miris, Peserta Lomba Desa Tak Becus Kelola Sampah Pasar

--

PALAS, RADARLAMSELDISWAY.ID – Pengelolaan tempat pembuangan sampah pasar di Desa Bumidaya, Kecamatan Palas akhir-akhir ini menjadi menjadi keluhan masyarakat lantaran telah mencemari lingkungan.

Buruknya penggeloan sampah ini juga menjadi pemandangan miris di Desa Bumi Daya. Sebab desa ini menjadi perwakilan Lampung Selatan dalam kontestasi lomba desa tingkat Provinsi Lampung dalam dua tahun belakangan.

Penilaian lomba desa tingkat provinsi itu baru dilangsungkan pada Selasa (7/5) kemarin. Selain dihadiri tim juri dari provinsi, Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto beserta jajaran pemerintahannya juga turut hadir.

Salah satu warga menuturkan, penempatan lokasi tempat pembuangan sampah tersebut juga berada di tengah pemukiman warga Dusun Mekar Jaya 1. Akibatnya tumpukan sampah tersebut menimbulkan pencemaran lingkungan.

BACA JUGA:Andi Arief Berobat di Singgapura, Cepat Sembuh Bang Andi Arief

“Ya seharusnya tempat pembuangan sampah jangan di dekat pemukiman. Sehingga tidak mencemari lingkungan masyarakat,” kata warga yang enggan menyebutkan namanya itu, Rabu (9/5) kemarin.

Narasumber ini juga mengaku, sampah yang berasal dari Pasar Desa Bumidaya tersebut juga kerap menimbulkan bau busuk di lingkungan masyarakat. 

“Ya sudah pasti bau, Mas. Kita itu sudah sering protes, cuma tetap saja tidak ada tindakan,” sambungnya.

Warga lainya juga menyayangkan pemerintah desa dalam mengelola sampah pasar tersebut. Seharusnya sampah tersebut menjadi perhatian utama pemerintah desa.

“Apalagi sekarang desa sedang mengikuti lomba desa, seharusnya sampah ini menjadi perhatian utama,” ucapnya. (vid)

Sumber: