DKLS Adu Kreatifitas Seniman di Event Selatan Festival 2024

DKLS Adu Kreatifitas Seniman di Event Selatan Festival 2024

--

KALIANDA, RADARLAMSEL..DISWAY.ID  - Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS), kembali menggelar festival musik tradisi Lampung gitar tunggal 2024.

Acara yang bertajuk Selatan Festival itu, digelar di panggung kesenian GOR Way Handak Lampung Selatan, Sabtu (20/7).

Ketua Komite Musik Tradisi DKLS, Inerma Verania mengatakan, dipilihnya lomba musik tradisi lampung gitar tunggal pada program kerja tahun 2024 ini, sebagai upaya pengembangan bakat dan talenta yang dimiliki para seniman Lampung Selatan, sekaligus untuk melestarikan seni budaya daerah Lampung.

"Kami dari komite musik tradisi untuk program kerja tahun ini menggelar dua kegiatan sekaligus, yakni workshop tentang pengembangan diri melalui seni dan lomba musik tradisi gitar tunggal. Alhamdulillah antusias pesertanya masih ada, terbukti banyaknya peserta yang mengikuti kegiatan ini (Selatan Festival 2024, red)," kata Inerma Verania, kepada Radar Lamsel.

BACA JUGA:Pelaku Pembobol Rumah di Kecamatan Natar Ditangkap

Menurutnya, beberapa tahun belakangan ini gairah musik tradisi daerah khususnya gitar tunggal Lampung terus bergeliat, dan itu munculnya dari seniman-seniman muda yang ada di kabupaten Lampung Selatan.

"Sebelumnya memang ada kesan musik tradisi Lampung hanya dimainkan oleh musisi tua atau seniman senior. Tetapi sekarang ini sudah banyak seniman-seniman muda yang tergabung dalam sanggar seni di Lampung Selatan yang memainkan musik tradisi daerah ini," ungkapnya.

Ditemui terpisah, Ketua Umum DKLS Winarni Nanang Ermanto, mengaku bangga dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas digelarnya acara pelestarian seni budaya Lampung yang dikemas melalui Selatan Festival 2024.


--

Winarni menyampaikan, Selatan Festival 2024 merupakan upaya bersama dalam memperkuat seni dan budaya yang kini sudah mulai terkikis, seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

"Ini salah satu upaya mempertahankan seni dan budaya negara kita. Sekarang kita ketahui banyak sekali budaya asing yang hadir ke masyarakat melalui teknologi atau digital," ungkap Winarni.

Sementara itu, Ketua Harian DKLS Ponimin, SE mengatakan, event Selatan Festival merupakan program kegiatan DKLS tahun 2024 yang digagas oleh tiga komite seni yakni musik modern, tradisi, dan seni tari.

Sumber: