Desa Mandah Bangun Jalan 700 Meter dan Bagikan Bibit Ikan Lele Untuk Program Ketahanan Pangan

Desa Mandah Bangun Jalan 700 Meter dan Bagikan Bibit Ikan Lele Untuk Program Ketahanan Pangan

Pemerintah desa Mandah kecamatan Natar Membagikan peralatan budidaya ikan lele dan bibit tanaman program ketahanan pangan. Febi Herumanika Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah desa Mandah, kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, kembali menggelontor anggaran dana desa untuk program ketahanan pangan, Senin 2 September 2024.

Selain membagikan bibit ikan lele berikut perangkat untuk budidaya dan pakan, pemerintah desa Mandah juga membangun dua titik jalan dengan panjang 700 meter dengan total anggaran Rp95 Juta.

Kepala Desa Mandah, Sodikin mengatakan, dibulan ini pihaknya membagikan peralatan budidaya ikan berupa ember, bibit ikan, pakan dan juga bibit tanaman.

Selain itu, kata Sodikin Pemerintah desa juga membangun dua titik jalan dengan panjang total 700 meter.

" Titik pertama pembangunan jalan 300 meter, titik kedua 400 meter dikerjakan di bulan ini," ujar Sodikin.

Lebih lanjut Sodikin merincikan, titik pertama pembangunan jalan menggunakan anggaran dana desa sebesar Rp29 juta, kemudian titik kedua sebesar Rp juta, kemudian untuk ketahanan pangan berupa bibit ikan, tanaman sebesar Rp6 juta untuk.

" tahap pertama kami membeli sapi empat ekor, dan tahap sekarang pembangunan jalan dan pembagian bibit tanaman dan ikan," ucap Sodikin.

" Mohon diberi tahu ke masyarakat bahwa jalan yang dibangun di dusun kita ini merupakan hasil pekerjaan dari anggaran dana desa. Tidak ada istilah fiktif, desa ini merupakan desa kita wajib kita bangun bersama," katanya.

Mewakili Camat Natar, Kasi Ekobang Edo Hansen memaparkan, Hari ini pemerintah desa Mandah menyalurkan program ketahanan pangan, pembagian bibit ikan lele berikut perangkat budidaya berupa ember, kemudian pembagian bibit cabe, alpukat, dan terong.

"Harapan besar program ini berjalan dengan baik untuk berkelanjutan," kata Edo Hansen.

Tenaga Pendamping Profesional Kementerian Desa kecamatan Natar Nurmala Sari mengatakan, secara manfaat ketahanan pangan seperti ini untuk penanganan stunting.

Program ketahanan pangan ini menjadi prioritas pemerintah pusat dengan begitu perlu dijalankan dengan sebaik mungkin.

 

Sumber: