Begini Cara AI Ubah Setiap Momen Jadi Peluang Pengalaman Pelanggan

Begini Cara AI Ubah Setiap Momen Jadi Peluang Pengalaman Pelanggan

ilustrasi--ist

JAKARTA, RADARLAMSEL.COM - Ketika membicarakan pengalaman pelanggan, apa yang tertuju dipikiranmu? Pasti kita memikirkan pelayanan staf yang ramah, serta kesan pertama kita terhadap bisnis yang kita kunjungi.

Lalu, apakah dalam digital hal tersebut juga berlaku? Tentu saja, pengalaman yang positif akan selalu diharapkan oleh pelanggan offline maupun online.

Apalagi dalam kondisi bisnis modern yang memanfaatkan serba teknologi ini, pelanggan mengharapkan sesuatu yang berbeda dari bisnis. Hal yang bisa membuat mereka mengingat reputasi kita sebagai bisnis yang terpercaya.

Di era modern pula, AI telah mengambil banyak peran dalam aspek kehidupan kita, tak terkecuali dalam bisnis. Bagi mereka yang mudah beradaptasi, ini adalah kesempatan untuk menjadi beda, mengubah AI menjadi alat untuk memberikan pengalaman berharga kepada pelanggan secara online.

Apa saja peran AI dalam meningkatkan interaksi dengan pelanggan? Simak terus artikel ini!

Peran AI dalam Meningkatkan Pengalaman Pelanggan Secara Digital

Kecerdasan buatan atau yang biasa kita kenal sebagai AI (Artificial Intelligence), menjadi salah satu investasi masa kini yang sedang banyak dibicarakan.

AI menjadi alat futuristik yang bisa menyelesaikan berbagai permasalahan bisnis. Kemampuanya dalam menganalisis, serta memprediksi melalui data menjadi gebrakan dalam memberikan pengalaman pelanggan yang personal.

Yups, personalisasi pengalaman pelanggan kini tidak lagi sekedar menyebutkan nama pelanggan, namun juga menciptakan kampanye pemasaran, serta sistem penjualan yang mampu memenuhi preferensi pelanggan.

Apakah hanya itu? Tentu tidak, berikut ini peran AI dalam meningkatkan pengalaman pelanggan secara digital.

Memanfaatkan AI untuk respon real-time yang cepat dan akurat

Dalam meningkatkan kualitas interaksi dengan pelanggan, kamu dapat memanfaatkan kemampuan AI dalam mengakses dan menganalisis data secara real-time.

Mengimplementasikan AI ke dalam seluruh interaksi yang bersentuhan langsung dengan pelanggan, baik itu dalam website, aplikasi, media sosial, hingga aplikasi pesan singkat.

AI akan secara cepat membaca kebiasaan serta preferensi pelanggan melalui riwayat percakapan yang terjadi selama mereka berinteraksi.

Dalam praktiknya, AI dapat diintegrasikan ke dalam chatbot, sehingga pelanggan akan merasakan percakapan dengan tanggapan dalam hitungan detik. Memberikan kesan bahwa perusahaanmu proaktif dalam menangani pertanyaan pelanggan.

AI juga dapat memudahkan tim dukungan pelanggan. Alat ini akan memberikan informasi dari analisis data riwayat interaksi pelanggan, yang dapat dijadikan sebagai referensi oleh tim, untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menyelesaikan masalah pelanggan.

AI dalam personalisasi pengalaman pelanggan

Sumber: