Terapkan Empat Ciri Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW

Terapkan Empat Ciri Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW

PENENGAHAN – SMP Negeri 1 Penengahan menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1438 hijriah sekaligus membagikan raport dan penyerahan trophy bagi siswa-siswi yang berprestasi disekolah tersebut, Sabtu (17/12).

Menurut Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Penengahan Drs. Cik Ujang, pembagian trophy adalah bentuk apresiasi pihak sekolah terhadap prestasi yang sudah diciptakan oleh para murid. “Kami harus memberikan penghargaan kepada anak-anak agar mereka lebih rajin dan semangat menuntut ilmu,” ujar Cik Ujang.

Penyerahan trophy, lanjutnya, merupakan hasil dari prestasi akademik dan prestasi non akademik kepada siswa-siswi yang bertepatan pada momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurut Cik Ujang, peringatan maulid nabi harus dibarengi dengan penyerahan prestasi sebagai tanda keberhasilan siswa-siswi yang berprestasi.

“Contoh prestasi non akademik adalah juara lomba adza, hafidz Qur’an dan lomba ceramah. Untuk itu, kami para guru SMPN 1 Penengahan tidak pernah bosan memberikan pesan kenapa siswa-siswi agar jangan melupakan pendidikan sekolah, ibadah dan pendidikan akhlaqul karimah. Sebab, ketiga-tiganya merupakan landasan sekaligus fondasi dalam meraih kebahagiaan dan keberhasilan,” ujarnya.

Cik Ujang menjelaskan, Nabi Muhammad SAW harus dijadikan contoh dan panutan ketika menjadi pemimpin yang sukses pada segala lini kepemimpinannya. Kunci keberhasilan itu meliputi 4 hal, diantaranya dalam memimpin Nabi Muhammad SAW selalu menerapkan misi menyelamatkan, mensejahterakan, mencerdaskan dan mencintai.

\"Pada kesempatan dan momen hari besar maulid nabi, kita harus senantiasa mencotoh beliau. Semoga 4 ciri kepemimpinan nabi Muhammad bisa kita jadikan panutan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bila semua itu sudah diterapkan, Insya Allah SMPN 1 Penengahan akan dapat mencetak generasi-generasi yang mampu meneladani nabi Muhammad SAW sebagai calon pemimpin bangsa,\" harapnya. (rnd)

Sumber: