KALIANDA , RADARLAMSEL.COM – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Lampung Selatan kini sudah bisa melayani berbagai produk layanan. Terobosan ini dilakukan oleh pemerintah daerah guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan. Apabila sebelumnya, warga Lampung Selatan harus datang ke satu instansi ke instansi lainnya untuk mendapatkan pelayanan. Kini, masyarakat hanya perlu datang ke MPP Kabupaten Lampung Selatan untuk mendapatkan berbagai layanan. Adapun, berbagai pelayanan yang tersedia yaitu mulai dari pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, perpajakan, perizinan, bpjs ketenagakerjaan, bpjs kesehatan, pdam, perhubungan dan masih banyak lagi. Saat datang ke MPP Kabupaten Lampung Selatan, masyarakat atau pengunjung akan disambut oleh petugas information center. Kemudian, petugas akan mengarahkan pengunjung ke lokasi pelayanan yang dibutuhkan. Tak hanya itu, MPP Kabupaten Lampung Selatan juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung lainnya, seperti ruang bermain anak, ruang laktasi, toilet, parkir yang luas serta ruang tunggu yang bersih dan nyaman. Meski belum diresmikan, MPP Kabupaten Lampung Selatan yang berlokasi di Jl. Trans Sumatera Simpang Fajar Kecamatan Kalianda ini, beroperasi mulai hari Senin hingga Jum’at pukul 08.30 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Pembentukan MPP Kabupaten Lampung Selatan ini merupakan bentuk sinergitas antara pemerintah daerah bersama dengan instansi vertikal lainnya, guna memberikan pelayanan yang efektif, efisien dan responsif kepada masyarakat. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sempat meninjau pelayanan publik terpadu yang bertempat di Mall Pelayanan Publik Kabupaten Lampung Selatan, Rabu, (04/01/2023). Dimana, Mall Pelayanan Publik ini dilengkapi dengan berbagai pelayanan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang diantaranya, pelayanan kependudukan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pelayanan perizinan dari Dinas Penanaman Modal Satu Pintu, Pelayanan Pajak dari Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah dan lainnya. Selain itu, terdapat pelayanan dari instansi vertikal seperti, Kantor Pos Persero, Kantor Imigrasi Kelas III Kalianda, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Polres, Kantor Pertanahan, Kementrian Agama, Pengadilan Agama dan masih banyak lainnya. Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sesaat sesudah peninjauan mengatakan, pembangunan Mall Pelayanan Publik merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan untuk memberikan pelayanan yang mudah, cepat, efektif kepada masyarakat.
“Didukung dengan lokasi MPP yang sangat strategis yang berada dipusat kota Kabupaten Lampung Selatan yang memudahkan masyarakat mendapatkan layanan yang berada di 1 lokasi.Selain itu MPP juga didesain dengan sangat nyaman untuk masyarakat dengan dilengkapi dengan ruang laktasi, ruang bermain anak, parkiran yang luas serta toilet yang bersih,” ucapnya.Seperti yang dirasakan Rahma, salah satu warga dari kecamatan Palas yang sedang melakukan pelayanan di pelayanan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mengungkapkan, Mal Pelayanan Publik yang dibangun oleh Pemerintah Daerah sangat membantu dan memudahkan masyarakat.
“Mal Pelayanan Publik ini benar-benar sangat membantu dan memudahkan kami, dimana di MPP ini hampir semua pelayanan dijadikan satu tempat dan lokasinya pun sangat strategis,” ungkapnya. “Pelayanannya juga sangat ramah, fasilitasnya lengkap, tempat nya juga telah dibuat senyaman mungkin oleh Pemerintah Daerah sehingga pengunjung pun terasa nyaman berada disini,” pungkasnya. (kmf/rls)