Gelar Karya Jadi Ajang Transformasi Penguatan di SMA Negeri 2 Kalianda

Rabu 07-06-2023,22:06 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

KALIANDA, RADARLAMSEL.COM - SMA Negeri 2 Kalianda terus bertransformasi dalam menerapkan kurikulum merdeka. Salah satu cara yang dilakukan untuk menguatkan hal tersebut melalui pendidikan intrakurikuler lewat Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P5.

 

Kegiatan itu juga bertujuan memperkuat pemahaman, dan pengamalan nilai-nilai Pancasila. Tak hanya itu saja, tujuan lainnya untuk mengajak para pelajar untuk membangun jiwa raga yang sehat, dan gaya hidup berkelanjutan.

 

SMA Negeri 2 Kalianda sebagai sekolah penggerak melaksanakan kegiatan gelar karya pada Rabu (7/6/2023), dengan tema yang diusung "Bangunlah Jiwa Ragaku dan Gaya Hidup Berkelanjutan." SMA Negeri 2 Kalianda percaya bahwa pelajar butuh Pancasila.

 

"Pancasila tidak hanya melibatkan pemahaman tentang nilai-nilai dasar, tetapi juga mengharuskan kita untuk menjaga keseimbangan antara aspek spiritual dan fisik," ujar Kepala SMA Negeri 2 Kalianda, Herwansyah, S.Pd kepada Radar Lamsel.

 

BACA JUGA:Blangko Kosong Langgam KTP Digital

 

Selain menjaga hal-hal tersebut, lanjut Herwan, pelajar juga akan diajarkan ketika mengambil tindakan yang bertanggung jawab terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Herwan meyakini melalui kegiatan tersebut para pelajar akan semakin memahami pentingnya nilai-nilai Pancasila.

 

"Menjaga keseimbangan antara jiwa dan raga, serta menjadi agen perubahan yang mendorong gaya hidup berkelanjutan dalam kehidupan sehari-hari mereka dan masyarakat sekitar," katanya.

 

Murid-murid di SMA Negeri 2 Kalianda dalam kegiatan itu menampilkan minat, dan bakat yang dikemas dalam kegiatan yang apik dan menarik. Di antaranya pameran hasil pembelajaran di kelas, aksi nyata berupa pemanfaatan limbah sampah atau daur ulang dan dijadikan produk yang bernilai.

 

Acara pentas seni yang berkaitan dengan tema yang diusung juga tidak ketinggalan. Senam Lampung berjaya, tari kreasi nusantara, pidato duta anti narkoba dan duta kebersihan serta fashion show hasil ecoprint dan bahan anorganik yang diperagakan oleh murid SMA Negeri 2 Kalianda. 

 

Kemudian melaksanakan penutupan kegiatan double track pelatihan skill make up, dan komputer. SMAN 2 Kalianda menggandeng BLK Provinsi Lampung selama dua bulan pelaksanaan. Herwan mengatakan pihak sekolah sangat mengapresiasi semangat dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh setiap individu dalam kegiatan ini.

 

Keterlibatan dalam diskusi, pelatihan, dan pembinaan menunjukkan bahwa warga SMA Negeri 2 Kalianda memiliki kepedulian yang tinggi terhadap Pancasila dan kemajuan bangsa. Dia berharap pengalaman ini dapat menjadi landasan kuat dalam perjalanan kita untuk menjadi pemimpin masa depan yang berpegang teguh pada nilai-nilai Pancasila. (rnd)

Tags :
Kategori :

Terkait