Akibat Gagal Tanam, Bibit Padi jadi Pakan Sapi

Jumat 07-07-2023,05:55 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

NATAR, RADARLAMSEL.COM - Petani di Desa Tanjung Sari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan gagal tanam akibat kekeringan. Bibit padi yang siap tanam pun terpaksa digarap untuk pakan ternak sapi. 

Juman salah satu petani di desa Tanjungsari mengatakan, bibit padi semestinya sudah ditanam kelahan tetapi gagal karena air tidak ada. 

" ini lahan punya adik saya, karena nggak ada air nggak bisa naman ya terpaksa di arit saja untuk pakan ternak, " ungkap Juman. 

Semenjak tidak pernah hujan air untuk lahan sawah pun tidak ada. Sungai dekat sawah pun tidak mengali dan jaraknya juga jauh dari lahan sawah. 

BACA JUGA:Perbaikan Jalan Pematang Baru Mulai Digarap

"Walau pun jaraknya jauh dari sungai tetap kami nyedot tetapi air sungai itu juga kering terpaksa kami tidak nanam, bibit padi juga kami kasih ke ternak, " Katanya. 

Hari sebelumnya, UPT pertanian dan  pemerintah kecamatan melakukan peninjauan di lahan pertanian di desa Merak Batin lantaran puluhan hektar sawah di desa itu terserang werang. 

camat Natar Supi'ah, S.Ag, membenarkan pihak bersama UPT pertanian mengecek lahan sawah yang terserang werang. " kemarin kami tinjau langsung ke lokasi, betul hektaran sawah disana terserang werang, " kata camat. 

Seperti apa solusinya, nanti akan dikomunikasikan terlebih dahulu ke pemerintah daerah. " Nanti kita komunikasikan dulu seperti apa solusinya untuk para petani ini, " kata Camat. (feb)

Tags :
Kategori :

Terkait

Terpopuler