Terungkap Pegawai Kesbangpol Bandar Lampung Terlibat Kasus Pemalsuan Berkas PPDB

Rabu 19-07-2023,18:36 WIB
Reporter : admin
Editor : admin

BANDARLAMPUNG, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Penyelidikan kasus pemalsuan berkas penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA pada jalur zonasi di Bandar Lampung terus berlanjut.

Petugas Inspektorat Kota Bandar Lampung saat ini tengah mendalami kasus tersebut. Informasi yang beredar, kasus tersebut melibatkan seorang oknum PNS di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

Dalam prosesnya, Inspektorat menduga lebih dari satu orang yang terlibat dalam kasus tersebut. "Untuk sementara ini baru satu orang yang merupakan PNS Kesbangpol, dan pelaku sudah mengakui kesalahannya," kata Inspektur Bandar Lampung, Robi Suliska Sobri, Selasa (18/7/2023).

Robi mengatakan, berdasarkan pengakuan dari pelaku pemalsuan berkas PPDB itu untuk anaknya sendiri supaya bisa masuk sekolah yang diinginkan.

"Pengakuannya untuk anaknya. Tapi lagi kita perdalam apakah ada satu atau ada yang lainnya yang juga ikut terlibat," katanya. 

BACA JUGA:Bank Lampung Undi Tabungan Lokal Dengan Hadiah Utama Mobil Mitsubishi Expander

Diketahui, dalam penemuan di Dinas Disdukcapil ada puluhan laporan yang memalsukan dokumen tersebut. "Sehingga kita akan lebih dalami lagi, apakah memang cuma satu orang atau ada yang lainnya," tegasnya.

Robi juga menegaskan, bahwa saat ini oknum PNS Kesbangpol ytersebut bakal dikenakan sanksi yang akan diberikan oleh Tim Penyelesaian Kasus.

"Tim penyelesaian kasus ini diketuai oleh Sekda langsung dan koordinatornya BKD. Jadi bukan inspektorat yang memberikan sanksi, kita hanya merekomendasikan untuk yang bersangkutan segera diberikan sanksi," kata dia.

Adapun sanksi yang akan diberikan sesuai peraturan pemerintah tentang disiplin PNS.

"Sanksi yang akan diberikan apakah ringan, sedang ataukah berat nya, nanti itu akan dibahas di tim penyelesaian kasus," tandasnya. (dka)

Tags :
Kategori :

Terkait