Dinas PMD Lamsel: 75 Desa yang Belum Cair Masih Verifikasi dan Proses di KPPN

Selasa 09-07-2024,19:35 WIB
Reporter : Randi
Editor : admin

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Lampung Selatan memastikan dana desa (DD) tahap II sudah masuk ke rekening 181 desa. Sedangkan 75 desa lainnya harus bersabar karena wajib menunggu proses verifikasi.

Kepala Bidang Pengelolaan Keuangan Desa/Kelurahan Dinas PMD Lampung Selatan, M. Iqbal Fuad, S.STP menjelaskan dari 75 desa yang belum menerima pencairan dana desa, 55 di antaranya telah diproses di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara atau KPPN.

"Kalau 20 desa sisanya masih verifikasi. Rencana Jumat ini kita ajukan ke KPPN," ujarnya saat dihubungi Radar Lamsel, Selasa, 9 Juli 2024.

Sekadar informasi, anggaran tahap II yang sudah cair merupakan dana desa earmark. Maksudnya dana desa dengan prioritas utama yang ditujukan untuk pelbagai program. Khususnya program-program yang berdampak langsung ke masyarakat, maupun ke desa.

BACA JUGA:BPKP Mulai Turun, Klarifikasi Dugaan Kasus Korupsi di Sat Pol-PP Lamsel

Beberapa sasaran dana earmark dana desa tahap II yaitu pemulihan ekonomi, berupa perlindungan sosial dan penanganan kemiskinan ekstrem dalam bentuk BLT desa, program ketahanan pangan dan hewani, serta program pencegahan dan penurunan stunting.

Program-program tersebut, salah satunya penurunan stunting memang menjadi prioritas. Bahkan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan selalu mengkampanyekan pencegahan dan penurunan stunting di desa-desa. Termasuk penanganan kemiskinan ekstrem melalui bedah rumah. (rnd)

Kategori :