Tepati Janji, PT. Farm Serahkan Bantuan ke Warga

Selasa 17-10-2017,12:09 WIB
Reporter : Redaksi
Editor : Redaksi

KALIANDA – Polemik antara warga Dusun Talangpanjang, Desa Tajimalela, Kecamatan Kalianda dengan PT. Farm akhirnya tuntas. Berakhirnya polemik ini setelah kedua belah pihak resmi menyetuji surat kesepakatan yang dibuat pada saat menggelar pertemuan dikantor PT. Farm, Senin (16/10) kemarin. Pertemuan itu dihadiri langsung oleh Manager PT. Farm Darli, Kepala Desa Tajimalela Sahrul Effendi, Kepala Dusun Talangpanjang Eko Sulistiyono, perwakilan LSM GMBI dan warga dusun setempat. Dalam surat perjanjian itu, PT. Farm menyerahkan bantuan 100 unit kursi plastik untuk warga dusun setempat. Selain itu, sebagai bentuk perhatian warga setrmpat, perusahaan ternak ayam itu juga memberikan sarana olahraga dan penyerahan bantuan untuk tanaman yang rusak. Selanjutnya pihak perusahaan juga menyerahkan bantuan berupa uang tunai yang diperuntukkan bagi warga setempat. Manager PT. Farm Darli mengatakan, dengan dibuatnya surat kesepakatan yang telah disetujui itu mengartikan bahwa janji pihak perusahaan kepada masyarakat Dusun Talangpanjang telah ditepati.  “Ini bukti bahwa pihak perusahaan siap menampung aspirasi warga,” kata Darli. Kepala Desa Tajimalela Sahrul Effendi mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh PT. Farm. Sahrul juga mengapresiasi LSM GMBI yang selalu mengawal masyarakat yang berperan aktif dalam mengakomodir keluhan warganya. Pada kesempatan itu Sahrul menekankan kepada pihak perusahaan bahwa kesepakatan yang telah terealisasi harus berkelanjutan demi kebaikan kedua belah pihak. “Yang kita harapkan dua-duanya sama-sama seimbang. Perusahaan berjalan dengan baik, masyarakat bisa tenang dan nyaman,” katanya. Kemudian, Sahrul melanjutkan, apapun yang dijanjikan pihak perusahaan, diharapkan bisa terus digulirkan. Tetapi, kata dia, guliran bantuan tersebut harus terlebih dahulu melihat berbagai sisi kondisi dan situasi yang harus disesuaikan. “Tapi, jika peraturan yang sudah disepakati harus tetap direalisasikan oleh pihak perusahaan. Dan untuk tunjangan-tunjangan tolong diperhatikan juga,” pungkasnya. Menanggapi hal itu, Darli mengaku akan berusaha memberikan bantuan kepada warga secara rutin. Terutama dalam hal pembangunan swadaya yang dikerjakan warga setempat. Darli menegaskan, pihaknya juga akan selalu terbuka kepada masyarakat terkait adanya keluhan yang dialami oleh warga setempat. Untuk itu, Darli meminta kepada warga jika nantinya ada keluhan atau hal yang ingin disampaikan kepada pihak perusahaan. “Maka kami minta dari sekarang, kalau kedepan ada keluhan langsung disampaikan kepada kami. Bila perlu kepada saya secara langsung,” katanya. Juddin (48) mengaku lega dengan adanya bantuan yang diberikan oleh PT. Farm. Ia juga mengaku senang dengan keterbukaan pihak perusahaan terkait masalah keluhan yang dialami warga. Menurutnya, langkah keterbukaan perusahaan terhadap berbagai keluhan tersebut sangat tepat. “Kalau seperti ini, kami jadi tenang. Mudah-mudahan hubungan warga dengan perusahaan bisa lebih baik,” harapnya. (rnd)

Tags :
Kategori :

Terkait