Panitia Kabupaten Terima 153 Berkas Balon Kades

Panitia Kabupaten Terima 153 Berkas Balon Kades

Ist. Radar Lamsel - Panitia Pilkades Serentak tingkat Kabupaten Lamsel menerima berkas dari panitia kecamatan, di Kantor DPMD Lamsel, Senin (24/7/2023)--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2023 di Kabupaten Lampung Selatan memasuki babak baru. Saat ini, telah memasuki tahapan penyerahan berkas bakal calon (balon) kepala desa (kades) dari panitia kecamatan ke kabupaten, Senin (24/7/2023).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lampung Selatan, Erdiansyah, SH, MM menyebutkan, dalam Pilkades Serentak Tahun 2023 ini terdapat 153 balon kades yang bakal maju di 43 desa dari 13 Kecamatan Se-Kabupaten Lampung Selatan.

"Data dari tiap kecamatan sudah kita peroleh. Tinggal hari ini kita tunggu kelengkapan berkas nya yang harus diserahkan oleh panitia kecamatan ke kabupaten. Karena memang dalam jadwal tahapan nya yakni penyerahan berkas balon kades," ungkap Erdi kepada Radar Lamsel.

Dia merincikan, 153 balon kades itu merupakan mereka yang lolos di tahapan verifikasi berkas tingkat panitia kecamatan. Nanti, akan diperiksa kembali oleh panitia kabupaten yang dijadwalkan hingga 3 Agustus 2023, mendatang.

BACA JUGA:Posko Pemilu Menunggu Laporan Masyarakat

"Dalam verifikasi itu kita ingin memastikan bahwa mereka (balon kades'red) memang benar-benar berkasnya lengkap. Kalau memang ada yang kurang ada waktu perbaikan sebelum kita umumkan sebagai calon kades," terangnya.

Lebih jauh Erdi mengatakan, sejauh ini baru 9 Kecamatan yang sudah menyampaikan berkas balon kades ke panitia tingkat kabupaten. "Tinggal 4 kecamatan lagi yang belum kami terima. Informasinya sedang dalam perjalanan. Kalau toh memang belum hari ini kita berikan toleransi sampai besok," pungkasnya.

Seperti diketahui, sebanyak 42 desa di Kabupaten Lampung Selatan dijadwalkan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Gelombang II Tahun 2023, pada Bulan Agustus mendatang. 42 Desa itu terdapat di 13 kecamatan, kecuali Kecamatan Merbau Mataram dan Bakauheni. (idh)

Sumber: