Siasati Kontijensi Pilkades, Polisi Uji Rencana Operasi

Siasati Kontijensi Pilkades, Polisi Uji Rencana Operasi

Ist - Kapolres Lamsel, AKBP. Yusriandi Yusrin, S.IK memaparkan rencana untuk menghadapi kontijensi Pilkades lewat tactical floor usai apel di Lapangan Korpri Pemkab Lamsel, Rabu, 30 Agustus --

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Polres Lampung Selatan melaksanakan pemantapan strategi pengamanan melalui tactical floor game (uji rencana operasi). Langkah itu diambil untuk menghadapi situasi kontijensi saat gelaran pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada Kamis, 31 Agustus 2023. 

Taktik itu dirancang agar ribuan personel gabungan bisa bertugas sesuai rencana. Polres Lampung Selatan telah melepas 1.222 personel gabungan untuk mengamankan Pilkades serentak tahun ini. Apel besar dilaksanakan di Lapangan Korpri Pemkab Lamsel, Rabu, 30 Agustus 2023. 

Polres Lampung Selatan sendiri menerjunkan 399 personelnya, lalu dibantu personel Kodim 0421/LS sebanyak 96 personel, Sat Brimobda Polda Lampung 93 personel, Sat Pol PP Pemkab Lampung Selatan 107 personel, dan Linmas (perlindungan masyarakat) sebanyak 434 personel. 

Bukan cuma itu saja, personel yang sudah ada juga ditambah dengan melibatkan 93 personel gabungan dari Polresta Bandar Lampung, Polres Pesawaran, dan Polres Lampung Timur. Personel tersebut disiagakan di wilayah polsek terdekat yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Lampung Selatan. 

BACA JUGA:Dihadapan Dispora, Nanang Copot Tarif Masuk Stadion

Kapolres Lampung Selatan, AKBP. Yusriandi Yusrin, S.IK menyebut penempatan personel tersebut sudah sesuai dengan sistem, dan tingkat pengamanan berdasarkan kerawanan di tempat pemungutan suara (TPS). Yusriandi melanjutkan bahwa mereka juga telah mempersiapkan beberapa pos siaga. 

"Totalnya ada lima. Pos aju Tanjung Bintang, pos aju Katibung, pos aju Candipuro, pos aju Palas dan pos aju Kalianda yang siap digerakkan apabila terjadi situasi kontijensi," katanya. Lebih lanjut, Yusriandi mengatakan dari kekuatan yang ada besar harapan personel mampu melaksanakan tugas secara optimal. Khususnya dalam mengamankan pelaksanaan tahapan pemungutan suara di 42 TPS yang tersebar di 13 kecamatan wilayah. "

Rekan-rekan di lapangan harus bekerja sama yang baik, rangkul semua elemen masyarakat serta mengajak supaya bersama-sama mensukseskan Pilkades," katanya. (rnd)

Sumber: