Ratusan Layang-layang Menghiasi Langit Pantai Kalianda

Ratusan Layang-layang Menghiasi Langit Pantai Kalianda

-- Diskominfo Lampung Selatan -- IST--

KALIANDA, RADARLAMSEL.DISWAY.ID -- Ratusan Layang-layang dari dalam dan luar Kabupaten Lampung Selatan pun menghiasi langit di Pantai Kalianda, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (18/11/2023).

Inilah layang-layang peserta Festival 2023 (Kalianda Layang-Layang 2) yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud). 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan Darmawan mengatakan, festival layang-layang merupakan acara tahunan yang diadakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Lampung Selatan ke-67 tahun 2023.

 “kegiatan ini bertujuan untuk menampilkan event-event tahunan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan pada tingkat daerah dan nasional.” ujar Darmawan.

Tujuannya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus mempromosikan destinasi wisata di Lampung Selatan.

 Darmawan mengatakan, jumlah peserta yang terdaftar dalam acara festival layang-layang tersebut sebanyak 1.048 orang, mulai dari kalangan korporasi hingga pimpinan daerah, masyarakat di wilayah Lampung dan luar daerah.

Peserta dari Ciamis, Jawa Barat, Blitar, Jawa Timur, Oku, Sumsel, Blitang, Sumsel, Sumber Agung, Oku Timur, Bandar Lampung, Metro, Seputih Mataram, Lampung Tengah, Sidodai Pringsewu dan Batanghari, Lampung Timur. Darmawan mengatakan, “Peserta di alam umum terbang dengan 183 layang-layang, kereta api 160 peserta dengan 22 layang-layang, OPD alam 165 peserta terbang dengan 58 layang-layang dan 64 orang drag atau lomba di pesawat terbang,” kata Darmawan. 

Sementara itu, saat menyampaikan sambutan Bupati Lampung Selatan, diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Thamrin mengatakan, program festival layang-layang ini merupakan upaya pemerintah daerah untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di kabupaten Khagom Mufakat.

 “Banyak tempat wisata di Kabupaten Lampung Selatan yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi. Bahkan bisa menjadi destinasi utama dan salah satu destinasi wisata terbaik di Indonesia,” kata Thamrin saat memberikan sambutan pada pembukaan acara.

 Thamrin menambahkan, selain sektor pariwisata, festival layang-layang juga menjadi peluang kebangkitan sektor usaha lokal seperti UMKM dan sektor ritel.

“Sehingga festival ini menjadi sebuah kolaborasi yang potensial bagi pengembangan sektor pariwisata dan kalangan usaha lainnya di Kabupaten Lampung Selatan,” kata Thamrin. 

Diketahui, festival layang-layang ini merupakan yang kedua kalinya di Kabupaten Lampung Selatan, setelah sukses digelar pertama kali pada tahun 2022.(*)

Sumber: