3 Desa di Natar Sudah Salurkan BLT DD, Dana Desa 22 Desa Belum Juga Cair, Gaji Perangkat Hanya Dibayar 1 Bulan

3 Desa di Natar Sudah Salurkan BLT DD, Dana Desa 22 Desa Belum Juga Cair, Gaji Perangkat Hanya Dibayar 1 Bulan

Tiga Desa di kecamatan Natar Menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Tahap Pertama Tahun 2024.Febi Herumanika/ Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Tiga desa di kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), ketiga desa tersebut, Way Sari, Rulung Helok, Desa Haduyang.

selain membagikan bantuan, tiga desa itu juga membagikan insentif untuk Kader Posyandu, RT, BPD.

Kegiatan terus berlanjut dengan menyalurkan bibit tanaman, ikan untuk ketahanan pangan desa yang memang menjadi prioritas program dana desa dari kementrian desa.

Camat Natar, Supi'ah, S.Ag, M.Si, mengatakan, program Bantuan Langsung Tunai melalui dana desa untuk masyarakat sudah berjalan beberapa tahun terakhir.

Tidak semua warga desa bisa menerima program BLT DD, karena kriteria calon penerima ada ketentuan dan aturan yang ditetapkan pemerintah pusat.

Masyarakat calon penerima bantuan tersebut harus melalui beberapa proses, termasuk pengecekan secara langsung ke rumah calon penerima BLT DD.

" tim dari pemerintah desa, kecamatan dan tenaga pendamping profesional kementerian desa turun langsung melakukan verifikasi dan validasi apakah si penerima layak dan sesuai ketentuan. Jadi yang menerima hari ini mudah-mudah sesuai apa yang menjadi harapan pemerintah pusat," ujar Camat Natar.

Dengan begitu, lanjut Camat Natar, warga penerima bantuan harus betul-betul memanfaatkan dana tersebut sebaik mungkin, jangan digunakan untuk hal-hal yang tidak baik, seperti bayar hutang, untuk hal yang negatif lainnya.

" Gunakan lah untuk tambahan modal usaha, berternak, tujuannya apa supaya dana tersebut bisa berkelanjutan untuk kedepannya, " ucap camat Natar.

Sementara Kepala desa Haduyang, Hasani mengatakan, harapan besar pemerintah desa dana bantuan tersebut tetap ada untuk kedepannya, karena sangat membantu warga desa terutama warga yang betul-betul membutuhkan.

" Setiap bulan masyarakat penerima bantuan menerima bantuan Rp300 ribu, pencairannya 3 bulan sekali jadi masing-masing penerima mendapat Rp900 ribu. dana yang diterima bisa digunakan warga untuk tambahan modal usaha dan memenuhi kebutuhan sehari-hari yang sangat dibutuhkan KPM," kata Hasani.

Kepala Desa Rulung Helok, Dicky Dendy mengatakan hal yang sama, bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang hadir hari ini merupakan orang yang dipilih sesuai kriteria dan hasil verifikasi di lapangan.

" BLT DD ini belum tentu ada setiap tahunnya, dan yang menerima pun belum tentu itu-itu saja, jumlahnya juga belum tentu sama dari tahun Ketahun. Harapan kita sama semoga ditahun mendatang ada lagi dalam aturan atau program pemerintah pusat," kata Kades Rulung Helok.

Pemerintah desa terus memberi saran kepada KPM supaya dana yang diterima tersebut dimanfaatkan sesuai peruntukannya.

Sumber: