Sudah Lima Desa di Natar Salurkan BLT DD, Insentif Guru Ngaji, RT, BPD dan Kader Posyandu Selama Tiga Bulan

Sudah Lima Desa di Natar Salurkan BLT DD, Insentif Guru Ngaji, RT, BPD dan Kader Posyandu Selama Tiga Bulan

Penyaluran BLT Dana Desa di desa Krawang Sari kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Febi / Radarlamsel---

NATAR, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Kader Posyandu, RT dan BPD akhirnya menerima menerima insentif tahap pertama di awal tahun 2024. Setidaknya sudah 5 desa di kecamatan Natar sudah menyalurkan insentif untuk RT, BPD dan Kader Posyandu.

ke Lima desa yang sudah menyalurkan insentif tersebut, yaitu Desa Way Sari, Haduyang, Rulung Helok, Krawang Sari dan Candimas.

Pembagian insentif tersebut dilaksanakan lantaran dana desa di kecamatan Natar sudah mulai bisa dicairkan sejak dua minggu  belakangan ini, karena anggaran untuk insentif diambil dari dana desa, pemerintah desa pun langsung menyalurkannya.

Selain menyalurkan Insentif RT, BPD dan Kader Posyandu, pemerintah juga menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) sebesar Rp900 Ribu untuk masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) yang telah dilakukan seleksi sebelumnya.

Kepala Desa Krawang Sari, kecamatan Natar, Nikmatus Solekah mengatakan, hari ini pihaknya menyalurkan BLT DD untuk 15 KPM yang sebelumnya sudah dilakukan verifikasi dan validasi bersama pihak kecamatan dan tenaga pendamping profesional kementerian desa.

" Insyaallah KPM penerima bantuan yang kami bagikan sesuai kriteria dan ketentuan yang ditetapkan pemerintah atau kementerian desa," ujar Kepala Desa Krawang Sari.

Selain penyaluran BLT DD, kata Kades Krawang Sari, pihaknya juga menyalurkan insentif untuk Kader KPM, Posyandu, RT, BPD, Linmas, Guru Ngaji dan Guru Paud.

" Alhamdulillah hari sudah dibagikan semua untuk tiga bulan, BLT DD juga sudah semua disalurkan, terimakasih untuk pemerintah kecamatan, Kabupaten Lampung Selatan dan pemerintah pusat yang telah mensupport desa untuk terusaju dan berkembang," kata Kades Krawang Sari.

Hal sama dikatakan Kades Candimas Andri Suwaldi, menurut Waldi, bantuan langsung tunai yang diberikan pemerintah melalui dana desa sangat bermanfaat untuk masyarakat terutama warga desa yang betul-betul membutuhkan.

" Dana bantuan ini sangat memberi manfaat untuk masyarakat kami, bisa untuk tambahan modal usaha, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang memang sangat dibutuhkan warga kami," kata Waldi.

Kordinator Tenga Pendamping Profesional Kementrian Desa kecamatan Natar, Nurmala Sari memgatakan, BLT DD merupakan program dari pemerintah pusat melalui kementerian desa, tujuan disalurkan bantuan untuk membantu warga terutama yang betul-betul membutuhkan.

" Jadi yang menerima bantuan ini ada kriteria dan ketentuan yang sudah ditetapkan pemerintah pusat, dilakukan verifikasi dan validasi untuk menentukan siapa yang betul-betul layak menerimanya. Salah satu kriteria penerima yaitu Lanisa berstatus kepala keluarga tunggal, sakit menahun," kata Mala.(*)

Sumber: