Gerhana Matahari Total Diprediksi Akan Terjadi di Indonesia, Ini Jadwalnya!

Gerhana Matahari Total  Diprediksi Akan Terjadi di Indonesia, Ini Jadwalnya!

Foto: (via REUTERS/Bobby Goddin/USA Today Network)--

RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Gerhana Matahari total menjadi fenomena langka. Persitwa tersebut banyak diburu untuk merasakan suasana magis ketika cahaya matahari sepenuhnya terhalang oleh bulan.

Gerhana matahari baru saja terjadi pada 8 April 2024 di wilayah Amerika Serikat. Jutaan masyarakat di 15 negara bagian bagian AS, dan sebagian wilayah Meksiko, Kanada menjadi saksi saat siang hari terasa seperti malam.

Banyak ilmuan memprediksi fenomena gerhana matahari juga akan terjadi di belahan bumi lainnya di masa-masa yang akan datang, termasuk di Indonesia.

Melansir dari cnn.com, ilmuan memperkirakan gerhana gerhana paling dekat akan terjadi di wilayah Chili dan Argentina pada 2 Oktober 2024.

Gerhana di kedua negara Amerika Latin itu diprediksi akan berupa gerhana matahari sebagian. Fenomena ini tak kalah cantik, karena akan memberikan efek 'cincin api'.

Ilmuwan utama di Southwest Research Institute di Boulder Colorado, Amir Caspi memprediksikan gerhana matahari total selanjutnya baru akan terjadi pada 12 Agustus 2026. Gerhana itu akan melintasi wilayah Greenland, Islandia, Spanyol, Rusia dan sebagian kecil Portugal. Di saat yang sama, sebagian wilayah Eropa, Afrika, dan Amerika Utara akan menyaksikan gerhana sebagian.

Warga bumi dapat kembali menyaksikan gerhana matahari total pada 2 Agustus 2027. Kali ini, gerhana matahari akan melintasi piramida Mesir dengan durasi yang terbilang lama yaitu lebih dari 6 menit.

Lalu, kapan masyarakat Indonesia akan memperoleh jatah menyaksikan gerhana ini?

Ilmuwan memperkirakan gerhana matahari akan terjadi di beberapa wilayah, termasuk Indonesia, untuk tahun-tahun mendatang. Berikut ini adalah prediksi yang disampaikan para ilmuwan untuk menjawab pertanyaan itu.

-22 Juli 2028: Australia dan Selandia Baru

-25 November 2030: Namibia, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, Australia

-20 Maret 2034: Nigeria, Kamerun, Chad, Sudan, Mesir, Arab Saudi, Iran, Afghanistan, Pakistan, India, Tiongkok

-2 September 2035: Tiongkok, Korea Utara dan Selatan, Jepang

-13 Juli 2037: Australia dan Selandia Baru

Sumber: