Ingin Jadi Sentra Lagi, Pemdes Padan Sebar Bibit Durian

Ingin Jadi Sentra Lagi, Pemdes Padan Sebar Bibit Durian

--

PENENGAHAN, RADARLAMSEL.DISWAY.ID - Pemerintah Desa Padan, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan, memiliki keinginan besar untuk mengembalikan kejayaan di bidang durian. Keinginan ini dibuktikan melalui program swasembada pangan.

Pemerintah Desa Padan telah membagikan 1.000 bibit durian musang king secara merata kepada warga di setiap dusun. Hanya saja jumlah pembagiannya bervariatif. Tergantung luas lahan dan jumlah kepala keluarga (KK) yang ada di dusun tersebut.

Kepala Desa Padan, Andriansyah, mengatakan rata-rata setiap KK mendapatkan dua bibir batang durian. Malah ada yang dapat dua atau tiga bibit. Jumlah itu tergantung pada luas lahan yang dimiliki masing-masing KK.

BACA JUGA:Komitmen Pemdes Gayam Lanjutkan Pembangunan

"Karena warga menanam bibitnya di kebun masing-masing," ujarnya kepada Radar Lamsel, Rabu, 24 April 2024.

Andri mengatakan nantinya buah yang dihasilkan batang durian itu diperuntukkan bagi warga. Andri mengungkap alasan kenapa pemerintah desa melakukan hal demikian. Dia bilang kalau Pemerintah Desa Padan tengah fokus mengembangkan durian.

"Untuk mengembalikan kejayaan durian yang sudah lama menghilang. Supaya kita jadi sentra durian lagi," katanya.

Sebelumnya Desa Padan hanya memiliki sentra durian saja. Tetapi tidak memiliki kualitas sekaliber musang king. Oleh karena itu Andri mencari produk yang kali berkualitas. Dengan begitu, besar harapan Desa Padan mengembalikan statusnya seperti dulu. (rnd)

Sumber: